Namanya Menguat Masuk di Bursa Pilgub Jateng 2024, Bupati Kendal Dico M Ganinduto Tanggapi Begini

Bupati Kendal Dico M Ganinduto. Foto: Istimewa

Semarang (sigijateng.id) – Sejumlah nama masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Tengah (cagub Jateng) pada Pilkada serentak 2024. Salah satunya adalah Bupati Kendal Dico M Ganinduto yang diperhitungkan untuk merebut kursi orang nomor satu di Jawa Tengah.

Diketahui, nama Dico kerap masuk 5 besar di sejumlah survei sebagai kandidat yang potensial untuk bertarung dalam kontestasi pilgub di Jawa Tengah.

Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat Informasi Indonesia, (LPPMII) Kamilov Sagala mengatakan, Dico Ganinduto, anak muda yang memiliki kapasitas bahkan bisa mengikuti jejak Emil Dardak sebagai benchmark jika anak muda bisa memimpin suatu daerah dengan aksi dan kerja yang nyata.

“Kalau melihat komposisi geografi dan sosial budaya politik, posisi Dico diprediksi akan menguasai suara di Utara dan Selatan Jawa Tengah,” ujarnya, Selasa (12/3) lalu.

“Posisi suara anak muda seperti Dico akan sangat besar menguasai wilayah Utara dan Selatan Jawa Tengah, khususnya suara para nelayan,” sambungnya.

Sementara untuk wilayah tengah, lanjut Kamilov, maka Dico perlu kerja ekstra mendapatkan suara dari para sesepuh maupun kiai.

Hal ini dikarenakan para pemilih di wilayah tersebut cenderung lebih mendengarkan apa kata para sesepuh maupun tokoh yang dituakan khususnya dari kalangan NU dan Muhammadiyah.

“Kehadiran anak muda seperti Dico untuk berkompetisi di Pilgub Jateng bisa jadi hal yang harus diperhitungkan para kandidat lainnya. Karena Dico sudah unjuk gigi dengan bukti kerja nyata selama menjabat Bupati Kendal,” pungkasnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto buka suara. Orang nomor satu di Kendal ini mengaku masih fokus menjadi bupati di pemerintahan Kabupaten Kendal.

Dia juga akan mempertimbangan dukungan masyarakat karena masuk dalam bursa Pilgub Jawa Tengah. Sebab itu, dalam waktu dekat Dico bakal silaturrahmi ke beberapa tokoh. Termasuk Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato untuk menindaklanjuti hal-hal yang terjadi di Jawa Tengah ini.

“Hari ini saya masih tetap fokus menjadi bupati, saya masih bertugas sebagai bupati Kendal. Kalau memang masuk ke dalam bursa dan ada dukungan dari masyarakat, itu akan menjadi pertimbangan saya,” katanya usai peresmian hasil pembangunan di Kendal, belaum lama ini.

Dico menegaskan, pihaknya belum bisa menyampaikan banyak hal terkait dukungan masyarakat dalam Pemilu 2024 ini. Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang telah menbuatnya masuk ke bursa Pemilihan Gubernur Jateng.

“Mudah-mudahan ya, kalau harapan saya, dimanapun berada bisa memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Jawa Tengah. Ya kalau diperintah, ya nanti kita lihat perkembangannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, Dico M Ganinduto merupakan Bupati Kendal periode (2021-2024). Namanya turut masuk dalam bursa cagub Jateng dalam sejumlah survei.

Salah satu lembaga survei, yakni Aksara, pada Januari 2024 lalu merilis empat nama yang masuk bursa sebagai calon Gubernur Jawa Tengah. Adapun urutan pertama hasil survei adalah Hendrar Prihadi, kedua KH. H. Yusuf Chudlori dan Dico Ganinduto menduduki posisi ketiga. Sementara Sudirman Said paling buncit.

Dalam survei tersebut menyatakan bahwa Dico yang saat ini menjabat sebagai Bupati Kendal, dinilai sebagai sosok muda yang berkompeten. Politikus Partai Golkar tersebut juga mendapat penghargaan sebagai salah satu tokoh muda berpengaruh versi Fortune Indonesia. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini