Jelang Pilkada Klaten 2024, PKS dan PDIP Akhirnya Sepakat Koalisi

PDIP dan PKS resmi berkoalisi di Pilkada Klaten dengan MoU, Sabtu (6/7/2024) malam. Foto: Istimewa - Dok. DPD PKS

Klaten (sigijateng.id) – Dewan Pengurus Daerah (DPD) PKS Klaten resmi berkoalisi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Klaten dalam menyongsong kontestasi Pilkada 2024. Kesepakatan koalisi itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) koalisi.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Ketua DPD PKS Klaten, Sri Martono, dan Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, di kantor DPC PDIP Klaten, pada Sabtu (6/7/2024) malam.

“Kita tadi malam sepakat menjalin kerjasama di Pilkada 2024 dengan PDIP. Pertemuan sampai sekitar pukul 22.00 WIB,” ungkap Ketua DPD PKS Klaten Sri Martono, Minggu (7/7/2024).

Sri Martono, menyebut PKS dan PDIP sebelumnya sudah menjalin komunikasi secara intens guna menyamakan visi dan misi dalam membangun kabupaten Klaten. Komunikasi yang terus berlanjut tersebut lantas diresmikan dalam sebuah koalisi PKS-PDIP dalam menyambut Pilkada Kabupaten Klaten 2024.

“Alhamdulillah malam ini secara resmi PKS menandatangani kerjasama politik untuk berkoalisi dengan DPC PDIP Kabupaten Klaten dalam Pilkada Klaten 2024. Ini menjadi langkah strategis bersatunya merah dan putih sebagaimana bendera kebanggaan kita semua,” jelasnya.

Menurut Sri Martono, koalisi PKS-PDIP tentu masih sangat terbuka dengan bergabungnya partai politik lain untuk sama-sama membangun Klaten jauh lebih sejahtera di masa mendatang.

“Tentu kita terbuka untuk semua elemen bergabung baik dari partai politik lain maupun juga semua elemen relawan yang ingin melanjutkan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan di Klaten,” ujarnya.

Ditanya soal nama bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung, sebut Sri Martono, PDIP sebelumnya sudah menyampaikan. Posisi calon bupati dari PDIP dan wakil dari Gerindra.

“Informasi yang disampaikan ke kami calon bupati dari PDIP dan nanti wakilnya dari Gerindra. PDIP juga sudah berkomunikasi dengan Gerindra beberapa waktu lalu,” sambungnya.

Namun, lanjut Sri Martono, untuk mengantisipasi perkembangan yang ada, DPD PKS juga memiliki kader internal yang siap maju. Hal itu juga menjadi catatan dalam koalisi dengan PDIP.

“Ada internal kita yang siap untuk njagani (antisipasi) barangkali ada perkembangan di pusat. Itu menjadi catatan karena daerah juga menunggu keputusan DPP,” imbuh Sri Martono.

Sebelumnya, DPC Partai Gerindra dan DPC PDIP Kabupaten Klaten sepakat berkoalisi di Pilkada 2024. PDIP meminang Gerindra sebagai pasangan di Pilkada Klaten 2024.

Ketua DPC Gerindra, Hariyanto, mengatakan pertemuan Partai Gerindra dan PDIP Klaten itu telah dilaksanakan di Kantor DPC Gerindra siang tadi. Hadir para pengurus kedua partai, termasuk Benny Indra Ardhianto selaku bakal calon wakil bupati (cawabup) yang diusung DPC Gerindra.

“Ketua DPC PDI Perjuangan dan jajarannya silaturahmi ke Partai Gerindra, intinya selain silaturahmi juga meminang Partai Gerindra. Mengajak koalisi di Pilkada tahun 2024,” kata Ketua DPC Gerindra Klaten, Hariyanto saat dihubungi awak media, Selasa (18/6/2024). (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini