Momen Libur Lebaran 2024 Dongkrak Ekonomi Daerah, 16,8 Juta Pemudik Masuk Jawa Tengah

Pemudik masuk ke Jawa Tengah pada libur Lebaran 2024. Foto: Istimewa

Semarang (sigijateng.id) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah menyebut pemudik dari luar daerah yanag masuk ke Jawa Tengah pada libur Lebaran 2024 lalu diperkirakan ada 16,8 juta orang. Jutaan pemudik yang mudik dan berkunjung dinilai berhasil meningkatkan ekonomi daerah.

 “Ada16 juta lebih pemudik yang masuk Jawa Tengah dan dampaknya sangat positif bagi daerah kabupaten maupun kota dikunjungi,” kata Sumarno, Sekda Provinsi Jawa Tengah, Jumat (19/4).

Menurutnya, ekonomi daerah dan masyarakat yang bergerak di bidang pariwisata serta sebagainya merasakan langsung akan dampak kunjungan pemudik pada saat momen libur lebaran itu.

“Daerah kabupaten dan kota, pengelola wisata, di dalamnya juga masyarakat berkecimpung ikut merasakan kunjungan jutaan pemudik ke Jawa Tengah. Hal itu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah secara langsung,” terang Sumarno.

Pihaknya optimis jika angka pemudik ke Jawa Tengah dari tahun ke tahun diyakini bakal semakin meningkat. Ia mengajak, seluruh kabupaten dan kota bersiap dalam persiapkan menghadapi lebaran-lebaran serta libur panjang mendatang.

Berbagai kekurangan pelaksanaan arus mudik dan balik, tegas Sumarno, akan jadi catatan evaluasi bagi seluruh pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, arus mudik dan balik Lebaran 2024 lancar dan sukses. Kita akan siap-siap lagi dalam menyambut lebaran mendatang agar lebih siap dan tidak ada terlalu banyak kekurangan pelaksanaan,” pungkasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini