Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 07 Adakan Pelatihan Pembuatan Keripik Jamur dan Pare

Mahasiswa KKN UIN Walisongo berfoto bersama dengan ibu-ibu PKK Karang Pacing, Rejosari, Karangawen Demak ( foto tim kkn)

DEMAK (sigi jateng) – Mahasiswa KKN UIN Walisongo Posko 07 gelar pelatihan pembuatan keripik jamur dan keripik pare dalam kegiatan PKK di rumah Ibu Siti Fatimah, Karang Pacing, Rejosari, Karangawen Demak pada Minggu (11/02/24). Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pengembangan ekonomi lokal dan keterampilan masyarakat melalui sumber pangan lokal hingga menjadi produk bernilai jual tinggi.

Kurangnya minat masyarakat pada bahan pangan pare karena rasanya yang pahit menjadi salah satu yang melatarbelakangi kegiatan ini, dengan dijadikan keripik maka rasa pahit menjadi lebih berkurang. Selain itu, pengolahan jamur menjadi keripik juga salah satu upaya memajukan ekonomi warga masyarakat yang membudidayakan pembuatan jamur tiram.

Ibu-ibu PKK Karang Pacing, Rejosari, Karangawen Demak sedang praktek menggoreng keripik. ( foto tim kkn)

Pelatihan ini menghadirkan koordinator penggiat UMKM, Yuni Suswanti sebagai narasumber. Yuni Suswanti juga merupakan seorang pengusaha keripik di Desa Rejosari.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu-ibu PKK Desa Rejosari yang berjumlah 40 orang. Pelatihan pembuatan keripik dimulai dengan penjelasan singkat terkait produk, bahan, dan cara pembuatan oleh narasumber. Selanjutnya, mahasiswa KKN mempraktekkan proses pembuatan keripik jamur mulai dari membalur jamur menggunakan tepung, hingga penggorengan.

“Penggorengan dilakukan dua kali, hal ini bertujuan untuk mendapatkan keripik renyah yang lebih tahan lama, ” jelas Yuni.

Tidak hanya sebagai pengamat, peserta Ibu-ibu PKK pu turut mempraktekkan pembuatan keripik jamur. Para peserta banyak yang antusias bertanya dan merespon baik hasil produk olahan yang disajikan.

“Enak, renyah walau yang pare tetap ada rasa pahitnya, tapi dengan adanya pelatihan ini jadi tambah tahu bagaimana membuat keripik jamur yang renyah tahan lama” kata peserta PKK, Siti Fatimah. (tim kkn posko 07)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini