Mahasiswa KKN UIN Walisongo Beri Edukasi Gizi Saat Kelas Ibu Hamil di Kuripan

Mahasiswa KKN MIT 17 Posko 2 UIN Walisongo memberikan edukasi gizi pada kelas ibu hamil di Balai Desa Kuripan. ( foto tim kkn)

DEMAK (sigi jateng) – Mahasiswa KKN MIT 17 posko 2 UIN Walisongo Semarang memberikan edukasi mengenai gizi untuk ibu hamil saat kelas ibu hamil di Balai Desa Kuripan, Karangawen, Demak pada Jum’at (26/01/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh 10 ibu hamil, 2 kader posyandu, dan bidan dari Puskesmas Karangawen 1, Bidan Sri Wuryanti.

Kelas ibu hamil ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap satu bulan sekali di balai desa setempat.

Kader kelas ibu hamil Suci mengatakan adanya kegiatan kelas ibu hamil ini bertujuan untuk mempelajari tentang kehamilan, cara merawat bayi, dan asupan gizi untuk ibu hamil.
“Kelas ibu hamil ini bertujuan ini untuk mempelajari apa itu kehamilan, cara-cara merawat bayi, dan gizi untuk ibu hamil,” ujar Suci.

Suci berharap dengan adanya kelas ibu hamil ini, para ibu hamil selalu sehat, asupan gizinya bertambah dan dapat mencegah kejadian stunting. Selain itu Suci juga menyampaikan bahwa kelas ibu hamil ini sangat penting dilakukan.

“Kegiatan ini penting dilakukan karena untuk mencegah stunting, juga bisa memberi pelajaran bagi ibu hamil bagaimana cara merawat bayi dan kehamilan,” tambah Suci.

Disisi lain salah satu peserta kelas ibu hamil, Indri mengatakan pendapatnya tentang tujuan diadakannya kelas ibu hamil ini.

“Setahu saya tujuannya ya untuk sharing pengalaman satu sama lain baik yang baru pertama hamil atau yang sudah pernah hamil,” jelas Indri.

Indri berharap agar kegiatan ini tidak ada pembatasan peserta. Semua ibu hamil yang ada di Desa Kuripan bisa ikut dan belajar bersama tentang kehamilan, sehingga dari pihak tenaga kesehatan tidak mengulang materi pembelajaran dari awal.

“Kalo harapanya ya lebih lagi ini masih dibatasi jumlah pesertanya, semoga kedepannya tidak ada pembatasan jadi semua ibu hamil yang ada di desa ini bisa hadir dan sama-sama belajar, jadi nantinya pihak nakes nggak ngulang-ngulang terus, kan pertemuan pertama bahasanya apa, kedua apa, nanti kaya di pisah-pisah nanti ngulang lagi,” ujar Indri.

Disamping itu Nur Fitri, mahasiswa KKN Posko 2 Desa Kuripan menjelaskan bahwa ibu hamil wajib menghadiri kelas ibu hamil.

“Karena pada pelaksanaan kelas ibu hamil, mereka bisa memperoleh pengetahuan terkait kehamilan. Kemudian yang terpenting itu adalah mereka memperoleh pengetahuan mengenai gizi dan asupan apa saja yang diperlukan pada masa kehamilan,” jelas Nur Fitri.

“Asupan gizi yang paling ditekankan saat kehamilan seperti zat besi, asam folat, kalori dan protein juga harus tercukupi. Soalnya kalo kalori dan protein yang tidak tercukupi akan berujung pada KEK,” tambah Nur Fitri.

Nur Fitri juga menjelaskan bahwa KEK pada ibu hamil dapat menyebabkan pertumbuhan janin tidak optimal.

“Kekurangan Energi Kronis ini dapat menyebabkan pertumbuhan janin tidak optimal, karena nutrisi untuk ibunya aja kurang apalagi untuk bayinya”. ( tim kkn posko2)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini