Link Daftar Progam Mudik Motor Gratis KAI, Ditutup 18 April 2024

Ilsutrasi: Link Daftar Program Angkut Motor Gratis dengan Kereta Mudik Lebaran 2024, Dibuka Mulai 4 Maret 2024 (motis.djka.dephub.go.id)

SIGIJTENG.ID – Berikut link untuk mendaftar program angkutan Motor Gratis (Motis) pada saat mudik Lebaran 1445 H. Pendaftarannya sudah dibuka mulai awal Ramadan 1445 H/2024.

Sebagai informasi, program Motis dijalankan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) untuk mendukung progam Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Motis merupakan program untuk memfasilitasi masyarakat yang akan mudik beserta dengan motor. Motor mereka akan diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

Tujuan program ini untuk menekan kecelakaan sepeda motor selama periode arus mudik.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, KAI sebagai BUMN operator perkeretaapian mendukung penuh program Motis ini dalam rangka memberikan pelayanan kepada pemudik yang ingin membawa motornya ke kampung halaman.

Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini.

“Pendaftaran program Motis 2024 telah dimulai sejak 4 Maret, akan berkahr 18 April 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id,” terang Didiek.

Berikut rincian persyaratan mengikuti program ini:

1. KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK.

2. Besaran Motor <200>3. Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk.

4. Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

Motis 2024 akan diselenggarakan pada tanggal 2-8 April 2024 untuk angkutan Arus Mudik.

Sementara layanan Motis 2024 untuk angkutan Arus Balik berlangsung pada 13-19 April 2024.

Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp 0 untuk angkutan motor dan hanya Rp 10.000 – Rp 20.000 untuk tarif penumpangnya.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani tiga lintas pelayanan yaitu:

1. Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang Tawang.

2. Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

3. Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Arif Anwar, berharap penyelenggaraan angkutan Motis kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat daripada tahun-tahun sebelumnya.

“Silahkan manfaatkan Motis 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” kata Arif. (asz)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini