Jadi Tujuan Mudik Terbanyak Lebaran 2024, Polda Jateng Siapkan 196 Pos PAM-Posko Terpadu Layani Pemudik

Ilustrasi - Jadi Tujuan Mudik Terbanyak Lebaran 2024. Foto : Istimewa

Semarang (sigijateng.id) – Mudik lebaran 2024, sebanyak 193 juta orang diprediksi bakal memasuki Jawa Tengah. Untuk menyambut kelancaran arus mudik, Polda Jawa Tengah menyiapkan 196 pos pengamanan terpadu yang tesebar di seluruh wilayah.  

Pos pengamanan mudik tersebut akan didirikan di sejumlah titik rawan kemacetan, kecelakaan, serta di kawasan wisata yang diperkirakan bakal jadi lokasi padat dikunjungi pemudik.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menjelaskan, pihaknya bersama seluruh pemerintah daerah se-Jawa Tengah telah menyiapkan pengamanan, rekayasa lalu lintas, termasuk juga antisipasi resiko bencana alam selama mudik lebaran tahun ini.

“Segala sesuatunya telah dipersiapkan jadi pengamanan dan kesiapan mendukung mudik Lebaran 2024 ini bisa dilakukan dengan sebaik mungkin,” tegas Irjen Pol. Ahmad Luthfi, usai mengadakan rapat terbatas bersama para kepala daerah se-Jawa Tengah, di Magelang, kemarin.

Jenderal Bintang dua ini menyebut, jika Jawa Tengah menjadi tujuan mudik terbanyak bagi para pemudik pada lebaran ini. Sehingga kepadatan lalu lintas yang dilalui baik di jalur tol maupun non tol bisa terjadi.

Sebagai kesiapan, pihaknya benar-benar memastikan kesiapan pengamanan dan skenario antisipasi kemacetan serta gangguan kamtibmas.

Untuk pelaksanaan nantinya, pasukan pengamanan gabungan bakal disebar guna mengamankan para pemudik baik di perjalanan atau saat berada di tempat tertentu seperti lokasi wisata.

“Pos-pos keamanan pelaksanaan Operasi Ketupat Candi 2024 akan fokus untuk melakukan pengamanan arus mudik dan balik lebaran serta di lokasi-lokasi padat, kawasan wisata,” terangnya.

“Dengan begitu, diharapkan pengamanan Lebaran 2024 ini bisa menyeluruh tidak hanya untuk mengatur kelancaran arus perjalanan pemudik,” imbuhnya.

Dirinya menghimbau, masyarakat yang mudik pada lebaran tahun ini supaya hati-hati dan mengutamakan keselamatan lalu lintas sejak mudik ke kampung halaman sampai dengan kembali ke tempat asal. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini