Hadir di Penutupan Munas XI Golkar, Jokowi Singgung Medsos Ramai Si Tukang Kayu, Padahal yang Membuat Keputusan Itu MK

Presiden Jokowi memberikan sambutan saat hadir dalam acara penutupan Munas XI Partai Golkar, Rabu Siang (21/8/2024). Foto: kabargolkar.com

Jakarta (sigijateng.id) – Penutupan Musyawarah Nasional (Munas) XI Partai Golkar dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja Kuning menjadi pusat perhatian ribuan kader golkar dari DPD-1 dan DPD 2 seindonesia.

Acara dibuka dengan tarian tradisional modern yang menghadirkan koreografi dari berbagai etnis di Indonesia sebagai lambang persatuan.

Saat memberikan sambutan dalam penutupan Munas XI Golkar di JCC Senayan, Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyinggung soal ramainya unggahan di media sosial tentang Si Tukang Kayu.

Jokowi kemudian menekankan bahwa dirinya menghormati lembaga yudikatif dan legislatif. Jokowi juga mengajak masyarakat untuk menghormati setiap keputusan lembaga yudikatif dan legislatif.

“Setelah saya lihat media sosial salah satu yang ramai soal Si Tukang Kayu. Kalau sering buka di media sosial pasti tahu Tukang Kayu ini siapa. Padahal kita tahu semuanya, kita tahu semuanya yang membuat keputusan itu MK (Mahkamah Konstitusi). Itu adalah wilayah yudikatif,” kata Jokowi dikutip dari laman kabargolkar.com, Rabu (21/8/2024).

Kemudian, Jokowi menyinggung Revisi Undang-Undang Pilkada yang tengah dibahas di DPR. Jokowi menyampaikan, pembahasan itu masih dikaitkan dengan Si Tukang Kayu.

“Dan yang saat ini juga sedang dirapatkan di DPR itu adalah wilayah legislatif, tapi tetap yang dibicarakan adalah Si Tukang Kayu. Ya tidak apa-apa, itu warna warni sebuah demokrasi,” ujar Jokowi.

“Tapi yang ingin saya sampaikan bahwa sebagai lembaga eksekutif, saya ini berada di lembaga eksekutif, sebagai presiden saya sangat menghormati yang namanya lembaga yudikatif, yang namanya lembaga legislatif,” sambung Jokowi.

“Jadi saya, kami sangat menghormati kewenangan, keputusan dari masing-masing lembaga negara yang kita miliki. Mari kita menghormati keputusan, beri kepercayaan bagi pihak-pihak yang memiliki kewenangan untuk melaksanakan proses secara konstitusional,” ucap Jokowi.

Sebagaimana diketahui juga, sejumlah elit petinggi partai dari Demokrat, Nasdem, PKB, PKS, PAN, PPP, PSI terlihat turut menghadiri acara penutupan yang digelar di Jakarta Convention Center, Rabu (21/8).

Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, Agus Yudhoyono hadir terlebih dahulu. Ketua Umum DPP Partai Golkar, Bahlil Lahadalia mendampingi Presiden Jokowi masuk kedalam ruangan. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini