Dosen FE USM Berikan Pelatihan Strategi Produk Branding pada kelompok UMKM

SEMARANG (sigijateng.id) -Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Semarang ( FE USM) memberikan pelatihan strategi produk branding bagi 30 pelaku UMKM kelurahan Bojongsalaman, pelatihan dilaksanakan di aula kantor kelurahan Bojongsalaman, Jalan Puspanjolo Barat Raya No.40, Kelurahan Bojongsalaman, Semarang Barat, Kota Semarang pada Selasa (21/05/2024).

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Semarang. Pengabdian tersebut diketuai oleh Ayu Nurafni Octavia, S.M., M.M., beranggotakan Naini Rizka Amalia S.E., M.Ak. dan Dr. Elisabeth Rotua Simamora, S.Sos., M.M. M.Ikom.

Ketua Tim PKM, Ayu Nurafni Octavia, S.M., M.M., mengatakan bahwa produk branding adalah pemberian identitas pada suatu produk yang mampu mempengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan produk lain dari pesaing.

“Branding yang berhasil akan dapat meningkatkan penjualan, menarik calon pembeli baru yang berdampak pada peningkatan laba usaha serta pada akhirnya akan mempengaruhi keberlangsungan usaha,” ungkap Ayu Nurafni Octavia.

Menurut Suryono, SH selaku Lurah Bojongsalaman menyatakan bahwa sebagian besar pemilik UMKM di Kelurahan Bojongsalaman kurang memahami mengenai produk branding. Hal ini menjadi salah satu alasan pengabdian kepada masyarakat perlu dilakukan agar bisnis UMKM Kelurahan Bojongsalaman dapat mengembangkan branding produk mereka.

Lebih lanjut Dr. Elisabeth Rotua Simamora, S.Sos., M.M. M.Ikom mengatakan bahwa dalam membuat strategi produk branding dapat dilakukan dengan memberi brand atau merek pada produk, membuat produk yang unik, memberi logo pada produk, membuat packaging yang menarik, dan memberi kelengkapan pada label produk seperti komposisi produk, masa kadaluarsa, nilai gizi, logo halal dan BPOM. Hal tersebut akan meningkatkan kredibilitas produk di mata konsumen.

“Selain itu agar brand mudah dikenal pemilik UMKM dapat membuat logo sesuai dengan bisnis, menentukan target pasar, memperkuat jaringan dengan membangun reseller, dan promosi melalui sosial media seperti Instagram, facebook, website dan whatsapp bisnis” tambah Dr. Elisabeth Rotua Simamora, S.Sos., M.M. M.Ikom

Sementara Naini Rizka Amalia S.E., M.Ak. menambahkan tujuan kegiatan pengabdian ini adalah guna meningkatkan pengetahuan para pemilik UMKM mengenai strategi produk branding yang nantinya para pemilik UMKM mampu membuat strategi produk branding. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan para pemilik UMKM di Kelurahan Bojongsalaman lebih termotivasi dalam melakukan branding produk mereka. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini