DEWAN DORONG JATENG MILIKI PASAR INDUK BERBASIS WISATA

YOGYAKARTA ( SIGIJATENG ) Pasar induk di tiap eks karesidenan perlu didorong menjadi pasar berbasis wisata. Hal tersebut disampaikan oleh anggota Komisi B DPRD Jateng Peni Dyah Perwitosari usai kegiatan kunjungan Komisi B DPRD Jateng di Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta, Jumat (2/2/2024).

Anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Jateng itu berharap di Provinsi Jawa Tengah nantinya ada pasar-pasar yang fungsinya sama dengan di pasar Beringharjo Yogyakarta. Jadi tidak hanya untuk kulakan kebutuhan pokok saja karena harganya murah, tapi juga menjadi tujuan wisata.

“Seperti halnya yang ada di Kabupaten Pekalongan. Kemudian juga yang berdekatan dengan Yogyakarta sendiri ada Kota Magelang yang mana ada pasar induk besar Rejowinangun. Dimana merupakan tempat kulakan pedagang dari Kabupaten Temanggung dan Purworejo. Harapannya nanti bisa didorong menjadi pasar wisata juga,” ungkap wanita asal Magelang tersebut.

Dia menambahkan, ke depan tidak hanya menjadi tujuan membeli bahan pokok atau kulakan, namun juga kota Magelang sebagai kota jasa juga bisa menjadi tujuan wisata belanja di pasar tradisional.

“Dan saya kira kalau mau didorong, hampir di setiap eks karesidenan ada pasar induk juga yang bisa didorong menjadi pasar wisata seperti halnya pasar Beringharjo Yogyakarta,” ungkapnya.

Komisi B, imbuhnya, juga berkesempatan berkeliling di Pasar Beringharjo guna memantau kenaikan harga dan stabilisasi bahan pokok yang ada di Provinsi DIY sebagai studi banding antara pemerintah Jateng dan DIY. Dari hasil laporan Dinas Perdagangan, harga masih terkendali dan stok bahan pangan di Yogyakarta juga masih tergolong aman.

“Kenaikan memang ada sedikit, kalau sayur-sayuran harganya agak turun. Untuk sembako ada kenaikan cuma sedikit pada item tertentu saja. Selain itu, karena Beringharjo itu adalah tempat kulakan khususnya pakaian, ini sudah terlihat geliat didatangi pedagang dari daerah untuk kulakan,” pungkasnya.(Rublik/Anf)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini