Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Hp – Pisau Rakitan Ditemukan Dalam Sel Napi Kedungpane saat Dirazia Petugas

Petugas Lapas Kedungpane saat melakukan razia dalam sel narapidana, Jumat (5/4/2024) malam. Foto: Dok Lapas Kedungpane

Semarang (sigijateng.id) – Personel gabungan Lapas Kelas 1 Semarang Kedungpane melakukan razia. Dalam kegiatan penggeledahan tersebut, petugas menemukan ponsel hingga pisau rakitan ditemukan di dalam sel narapidana.

Kegiatan razia itu digelar Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah bersama Komando Rayon Militer Ngaliyan dan Kepolisian Sektor Ngaliyan hari Jumat (5/4) malam.

Target dalam operasi itu adalah barang larangan yang terdiri dari senjata tajam, barang elektronik, serta barang yang dapat menimbulkan gangguan keamanan.

Kepala Lapas Semarang, Usman Madjid mengatakan ada 42 kamar yang dirazia dalam kegiatan itu. Walau tidak disebutkan jumlahnya, namun Usman menyebutkan sejumlah barang yang ditemukan yaitu mulai ponsel hingga pisau rakitan.

“Dari 42 kamar, kami telah ditemukan sejumlah barang terlarang berupa telepon genggam beserta charger, pisau rakitan, gunting, besi panjang serta kabel rakitan,” kata Usman dalam keterangan tertulis yang diterima, Sabtu (6/4/2024).

Selain itu tim medis juga mengambil sampel warga binaan atau narapidana sebanyak 10 orang untuk dilakukan tes urine. Hasilnya semua negatif narkoba.

“Warga binaan pemilik barang larangan tersebut selanjutnya akan diberikan sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran dan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jateng, Kadiyono mengatakan razia tersebut sebagai bentuk komitmen melaksanakan 3+1 Kunci Pemasyarakatan yaitu deteksi dini gangguan kamtib, berantas narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum.

“Ini merupakan komitmen kita bersama bahwa penerapan 3+1 Kunci Pemasyarakatan harus dilaksanakan. Ini juga merupakan antisipasi deteksi dini pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban,” kata Kadiyono. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini