Dekranas Expo 2024 Berakhir,  Nilai Transaksi Capai Rp4,3 Miliar

SURAKARTA (sigi jateng) – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mendampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam acara penutupan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Expo 2024 di Pura Mangkunagaran, Kota Surakarta, Sabtu, 18 Mei 2024 malam.

Dalam kesempatan itu, Nana Sudjana juga didampingi istri yang sekaligus Pj Ketua Dekranasda Jawa Tengah Shinta Nana Sudjana. Sementara, Tito Karnavian juga didampingi istrinya yang sekaligus Ketua Harian Dekranas Tri Tito Karnavian.

“Hari Sabtu (18/6), Mendagri ada acara di sini. Tadi malam kita menghadiri acara penutupan Dekranas Expo. Pelaksananya pusat, tetapi kegiatan dilakukan di Solo,” kata Nana Sudjana usai melepas kunjungan kerja Mendagri Tito Karnavian di Kota Surakarta, Minggu, 19 Mei 2024.

Adapun Dekranas Expo 2024 yang berlangsung sejak 15 Mei 2024 di Surakarta itu ditutup oleh Tri Tito Karnavian.

Penutupan Dekranas Expo 2024 sendiri berlangsung meriah. Ribuan masyarakat di sekitar Kota Surakarta terlihat memenuhi lokasi acara. Kemeriahan itu ditambah dengan kehadiran Yovie & Nuno sebagai penampil di puncak acara dengan membawakan 12 lagu terbaiknya.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan baik. Itu diikuti oleh (perwakilan provinsi) seluruh Indonesia. Suasana meriah dan berjalan dengan baik,” katanya.

Ketua Panitia Dekranas Expo, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan, pelaksanaan Dekranas Expo 2024 berjalan lancar sejak dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo pada 15 Mei lalu. Selama empat hari Expo, pengunjung yang datang lebih dari 13 ribu orang.

“Nilai transaksi selama Expo mencapai sekitar Rp4,3 miliar. Luar biasa sekali. Ini semua berjalan lancar berkat kerja sama dan kolaborasi antara Dekranas, Dekranasda Jateng, dan Dekranasda Kota Surakarta,” kata dia.

Loemongga menambahkan, event ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus bekerja dalam memajukan industri kerajinan Indonesia.

“Marilah kita bersama-sama menjaga wasisan budaya kita, mengembangkan kreativitas dan inovasi. Juga memastikan produk lokal kita semakin dikenal dan dihargai, baik di dalam negeri maupun mancanegara,” katanya.

Pj Ketua Dekranasda Jawa Tengah, Shinta Nana Sudjana mengatakan, expo ini sangat penting untuk mendorong perkembangan wastra dan kriya Nusantara. Sekaligus menjadi motivasi agar pengrajin agar dapat terus meningkatkan kualitas produk sehingga memiliki daya saing kuat.

“Kemajuan wastra dan kriya Nusantara yang berdaya saing dengan produk-produk lainnya akan meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian para pengrajin,” katanya. (Aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini