Bikin Geger, Makam Mahasiswi UMY di Purbalingga Digali Misterius, Tim Inafis Terjun Olah TKP

Tim Inafis Polres Purbalingga melakukan olah TKP kasus perusakan makam di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Banyumas, Senin (20/5/2024). Foto: Dok Polres Purbalingga

Purbalingga (sigijateng.id) – Tim Inafis Polres Purbalingga telah melakukan olah TKP kejadian pembongkaran makam di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut dilakukan setelah adanya laporan mengenai perusakan makam warga di desa setempat.

“Hasil pemeriksaan di TKP bahwa benar telah terjadi pembongkaran atau penggalian makam milik almarhumah. Namun kondisi jenazah berikut kain kafan maupun talinya masih dalam keadaan utuh dan lengkap,” kata Kapolsek Mrebet, AKP Muslimun saat dihubungi, Senin (20/5/2024).

Menurutnya, setelah dilakukan pemeriksaan selanjutnya jenazah kembali dimakamkan. Pemakaman dilakukan oleh warga desa setempat di lokasi sebelumnya dikebumikan.

Dari kejadian tersebut pihaknya saat ini tengah fokus untuk melakukan penyelidikan dan pengejaran terhadap pelaku perusakan makam.

“Dari Polres maupun Polsek dengan adanya pembongkaran atau perusakan makam itu menyelidiki pelaku atau modusnya apa. Dalam hal ini masih dalam penyelidikan,” terangnya.

Saat ini pihaknya belum mengetahui identitas pelaku. Sebab belum ada rekaman CCTV dari sekitar lokasi kejadian.

“Belum tahu identitas pelaku. Masih dalam penyelidikan anggota. Identitas belum ada. Sementara belum ada (CCTV) nanti kalau ada perkembangan kami informasikan. Kami fokus penyelidikan dan pengejaran pelaku,” jelasnya.

Sebelumnya, warga Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga digegerkan dengan pembongkaran makam yang terjadi di wilayah pemakaman desa setempat. Peristiwa tersebut diketahui sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi oleh warga yang sedang melintas.

Kepala desa setempat, Maksum menjelaskan makam yang dibongkar merupakan makam seorang perempuan berinisial EF (20). Almarhumah diketahui baru dimakamkan pada Minggu (19/5) sekitar pukul 10.00 WIB pagi

“Pagi tadi, seorang warga yang melintas di sekitar pemakaman melaporkan bahwa terdapat yang telah dirusak. Setelah ditengok makamnya sudah tergali kurang lebih satu meter,” kata Maksum ketika dihubungi wartawan, Senin (20/5).

Maksum menyebut EF merupakan seorang mahasiswi semester 2 fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Setelah menerima laporan tersebut, saya segera menuju lokasi dan memastikan adanya dugaan perusakan makam.

“Kemudian warga menginformasikan ke saya dan tindak lanjut ke TKP dan membenarkan adanya kejadian perusakan atau mungkin dugaan percobaan pencurian mayat. Karena makamnya sudah tergali 1 meter tapi belum mencapai jenazah,” terang Maksum.

Dari kejadian ini, Maksum kemudian menghubungi Polsek dan diteruskan ke Inafis Polres Purbalingga. Tim kepolisan langsung menuju lokasi untuk melakukan olah TKP.

“Kemudian ditindaklanjuti oleh kepolisian dan olah TKP kemudian dilakukan penggalian secara keseluruhan untuk mengecek jenazahnya masih atau tidak. Tadi sudah dilakukan penggalian sampai ke dasar Alhamdulillah jenazahnya masih utuh,” jelasnya. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini