Presiden Jokowi Dijadwalkan Lantik dan Ambil Sumpah Nawawi Pomolango jadi Ketua KPK, Hari Ini!

Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: BPMI Setpres RI

Jakarta (sigijateng.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan mengambil sumpah janji Nawawi Pomolango sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, pada Senin (27/11/2023) hari ini.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Ia mengatakan, selain pengambilan sumpah janji Ketua KPK, Jokowi juga akan melantik Gubernur Provinsi Riau.

“Besok pagi (hari ini) , direncanakan ada agenda Pengucapan Sumpah/Janji Bapak Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK di hadapan Presiden dan Pelantikan Gubernur Provinsi Riau di Istana Negara,” ungkap Ari dalam keterangan resminya, kemarin.

Tak hanya itu, Jokowi dijadwalkan akan melantik Plt Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menjadi Gubernur Riau definitif. “Pelantikan Gubernur Provinsi Riau di Istana Negara,” terang Ari.

Diketahui sebelumnya, Presiden Jokowi mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) mengenai pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK setelah statusnya menjadi tersangka. Jokowi kemudian menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

Jokowi menegaskan, bahwa Keppres itu sudah sesuai aturan. “Ya sudah saya tandatangani, tadi malam dan saya kira sudah tahu semuanya memang aturannya seperti itu,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Sabtu (25/11/2023).

Ia mengungkap banyak pertimbangan yang menjadi dasar pemilihan Nawawi. Hanya saja dirinya enggan merinci alasan-alasan tersebut, Jokowi hanya menyebut bahwa Nawawi terpilih dari tiga kandidat lainnya.

“Banyak pertimbangan, memang pilihannya ada empat tetapi apapun kita harus memilih satu enggak mungkin empat-empatnya kita pilih,” ucapnya.

Jokowi pun berharap agar lembaga anti rasuah itu berjalan baik hingga terpilih Ketua baru nantinya. “Semoga KPK berjalan dengan baik sampai nanti terpilih ketua yang baru,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Firli Bahuri telah dijadikan tersangka atas kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo oleh Polda Metro Jaya pada 22 November 2023. (Red)

Baca Berita Lainnya’

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini