Porprov Jateng Berakhir, Ferry Wawan Cahyono Ajak KONI dan Pengurus Cabor Langsung Fokus PON Aceh-Sumut 2024

Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahoyono. ( foot dok sigijateng.id)

SEMARANG (sigijateng.id) – Wakil Ketua DPRD Jateng Ferry Wawan Cahyono mengapresiasi KONI Jateng dan pemerintah kabupaten se-Pati Raya sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng XVI 2023. Mereka sudah sukses menyelenggarakan Porprov Jateng 2023 mulai Sabtu (5/8/2023) hingga Jumat (11/8/2023).

“Alhamdulillah, Porprov Jateng 2023 berjalan dengan lancar dan aman. Penghargaan setinggi-tingginya kepada KONI Jateng dan pemkab yang menjadi tuan rumah Porprov Jateng,” kata Ferry Wawan Cahyono, Sabtu (12/8/2023).

Porprov Jateng tahun 2023 digelar secara berbeda dengan Porprov sebelum-sebelumnya. Porprov Jateng 2023 digelar dengan melibatkan beberapa kabupaten sebagai tuan rumah. Dan ini baru kali pertama dilakukan di Jateng.
Enam kabupaten di Pati Raya yang menjadi tuan rumah Porprov Jateng secara Bersama-sama yakni kabupaten Pati, Kudus, Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan.

Acara opening ceremony digelar di Stadion Joyokusumo Pati Sabtu (5/8/2023) malam, dan acara closing ceremony digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Jumat (11/8/2023) malam.

Sebagai juara umum Porprov Jateng 2023 ini adalah Kota Semarang dengan medali emas 186, perak 138 dan perunggu 137. Peringkat kedua Grobogan dengan medali emas 100, perak 80 dan perunggu 77. Peringkat ketiga adalah Kota Surakarta dengan medali emas 78, perak 72 dan perunggu 98.

Kemudian peringkat keempat adalah Pati dengan medali emas 46, perak 43 dan perunggu 69, dan peringkat kelima adalah Japara dengan medali emas 44, perak 30 dan perunggu 48.

“Selamat kepada Kota Semarang yang berhasil mempertahankan gelar sebagai juara umum Porprov Jateng 2023. Selamat pula kepada semua atlet yang berhasil mendapatkan medali. Bagi atlet yang belum mendapat medali, jangan patah semangat, haruslah tetap rajin dan semangat berlatih,” kata anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jateng dari Dapil Jateng 10 (Kabupaten Banjarnegara, Purbalingga, Kebumen) ini.

Menurutnya, semua atlet telah bermain dengan sungguh-sungguh dan suportif. Kalah dan menang dalam lomba adalah hal biasa. Namun yang paling penting adalah menunjung suportivitas serta menjaga silaturahmi, kekompakan dan persatuan.

Setelah Porprov Jateng ini, Ferry Wawan meminta KONI Jateng dan pengurung cabang olahraga (cabor) di Jateng untuk langsung berkonsentrasi ke PON XXI/2024 Aceh-Sumut agar bisa memenuhi target kembali masuk lima besar pada PON 2024. Mengingat pada PON XX Papua, peringkat Jateng terlempar dari lima besar, bahkan berada di bawah Bali. Padahal sebelum PON Papua, Jateng tidak pernah berada di bawah Bali.

“PON XXI tahun 2024 digelar berbeda dengan sebelum-sebelumnya. PON mendatangan digelar di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumut. Meski demikian, Jateng tetap harus focus untuk memenuhi target kembali masuk lima besar,” terangnya.

Diketahui, PON XXI/2024 akan digelar bulan September 2024 di Aceh-Sumut. Pembukaan PON akan dilaksanakan di Provinsi Aceh. Sedangkan Sumut mendapat kesempatan menyelenggarakan upacara penutupan PON XXI pada 30 September 2024.

Grand Launching Maskot, Logo dan Tagline PON XXI/2024 Aceh-Sumut sudah resmi diluncurkan oleh Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Ketua KONI Pusat Marciano Norman, dan Forkopimda Sumut, di Lapangan Astaka, Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing, Deliserdang, Sumut, Minggu (29/1/2023).

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen yang resmi menutup secara resmi perhelatan Porprov Jateng di Jepara Jumat (11/8/2023) malam mengucapkan selamat kepada seluruh atlet yang telah berhasil menyumbangkan medali dan mengharumkan nama daerahnya. Pihaknya sekaligus mengingatkan, bahwa kemenangan di ajang Porprov Jateng bukan tujuan akhir.

“Tentu itu akan kita antarkan untuk mengharumkan Jateng pada PON yang akan datang. Kemenangan pada porprov kali ini bukanlah tujuan. Akan tetapi tujuan kita adalah bagaimana mengharumkan Jateng, sekaligus mengharumkan Indonesia dalam (bidang) olahraga,” pesan Wagub

Bagi atlet yang belum bisa membawa pulang medali, wagub meminta agar tidak berkecil hati. Mereka hanya perlu latihan lebih intens. Kegigihan dalam berlatih, menunjukkan mereka adalah atlet yang membanggakan daerah.
“Kepada para atlet yang pada Porprov kali ini belum berhasil, tetaplah bersemangat. Tetaplah berlatih untuk menunjukkan bahwa kalian semua adalah atlet-atlet yang membanggakan daerah,” katanya seraya memotivasi. (Adv-Anf)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini