Pisah dengan Lee Zii Jia, PBSI Resmi Tunjuk Indra Wijaya Jadi Pelatih Tunggal Putri Indonesia

PBSI Resmi Tunjuk Indra Wijaya Jadi Pelatih Tunggal Putri Indonesia (Foto: Twitter @INA_Badminton)

SIGIJATENG.ID – Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) resmi menunjuk Indra Wijaya sebagai pelatih baru tunggal putri Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung melalui laman twitter resmi Humas dan Media, Pengurus Pusat PBSI @INA_Baminton, Rabu (1/3/23).

“PP PBSI dengan bangga mengumumkan bahwa Indra Wijaya resmi bergabung dengan Pelatnas PBSI sebagai kepala pelatih sektor tunggal putri per 1 Maret 2023.” tulis keterangan itu.

“Selamat bertugas coach Indra! #BadmintonIndonesia,” sambungnya.

Dihadapan para awak media saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Rionny sebagai Kepada Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI membeberkan alasan dipilihnya Indra Wijaya untuk menangani sektor tunggal putri.

Menurutnya, pengalaman menjadi pertimbangan tersendiri PBSI memilih Indra Wijaya.

“Dia pelatih Lee Zii Jia (sebelumnya), dia punya rekor yg bagus, dia cocok di sini,” ungkap Rionny.

“Yang jelas dia sudah berpengalamanlah. Kita sangat welcome sama dia di sini,” tambahnya.

Indra Wijaya akan menangani Gregoria Mariska Tunjung dkk setelah dia berpisah dengan tunggal putra terbaik Malaysia Lee Zii Jia.

Sebelumnya, Indra sudah tidak lagi menangani Lee Zii Jia per akhir November 2022 sejak pertama kali direkrut pada Januari 2022.

Sejatinya, Indra memiliki kontrak sebagai pelatih tunggal putra peringkat keempat dunia tersebut selama tiga tahun atau habis pada Januari 2025. Kerja sama mereka pun berbuah manis di mana Lee berhasil meraih medali emas pada ajang Kejuaraan Asia 2022 dan Thailand Open 2022.

Namun hasil itu tak membuat perjalan mereka panjang, Indra dipecat dengan mendadak. Pemecatan yang cukup mendadak tersebut membuat Indra berani meminta penjelasan kepada Lee pada 2 Desember 2022.

Di sisi lain, Lee yang telah memutuskan keluar dari pelatnas Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) lebih memilih jalan sendiri tanpa seorang pelatih.

Sementara itu, Indra Wijaya merupakan seorang pemain bulu tangkis Indonesia pada era tahun 1995 – 2000an, seangkatan dengan Ardy B. Wiranata dan Hariyanto Arbi.

Indra Wijaya turut memperkuat Tim Thomas Indonesia sebanyak dua kali. Setelah mengundurkan diri dari pelatnas, Ia sempat pindah ke Singapura dan mewakili negara tersebut dalam berbagai kejuaraan internasional.

(dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini