Gampang Banget, Berikut 5 Cara Memperbaiki Charger Hp yang Longgar

5 Cara Memperbaiki Charger Hp yang Longgar (Foto: istockphoto.com/ by patpitchaya)

SIGIJATENG.ID – Pernahkah kamu mengalami kendala saat hendak mengisi daya handphone (hp) lantaran lubang port charger hp yang longgar?

Jika iya, mungkin artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasinya. Kamu bisa menerapkan cara memperbaiki charger hp yang longgar sendiri di rumah.

Port charger merupakan salah satu bagian terpenting dari hp untuk mengisi daya baterai. Apabila baterai tidak dapat terisi, kamu tidak dapat menggunakannya sebab hp mati kehabisan daya.

Salah satu penyebab port charger hp longgar adalah seringnya penggunaan charger hp tersebut hingga membuatnya panas, kemudian baterai cepat habis dan perlu diisi dayanya.

Pengisian baterai yang terus-menerus itulah yang lama-kelamaan dapat menyebabkan charger hp longgar.

Lantas bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki lubang charger hp yang longgar?

Dilansir dari berbagai sumber, Berikut SIGI JATENG berikan cara dan langkah yang dapat kamu lakukan.

  1. Bersihkan Lubang Charger

Lubang charger hp yang kotor bisa menjadi salah satu penyebab mengapa port charger hp longgar atau tidak pas. Untuk itu, kamu perlu membersihkannya agar debu atau kotoran di dalamnya hilang.

Tak perlu khawatir, cara membersihkannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menggunakan cotton bud dan jarum atau tusuk gigi. Pertama gosok bagian yang kotor menggunakan jarum, lalu pada tahap akhir, bersihkan debu dengan menggunakan cotton bud.

  1. Atur Arah Konektor

Setelah membersihkannya, kamu perlu mengatur arah konektor. Terlebih jika kamu menggunakan charger yang tidak orisinal, maka itu dapat merusak konektor pada hp.

Caranya cukup sederhana, yakni dengan meluruskan kembali konektor charger. Anda juga dapat mengubah arah konektor pada hp dengan menggunakan jarum kecil.

  1. Pakai Stop Kontak Lain

Kamu juga harus mencoba stop kontak lain untuk menambah daya hp mu. Bisa jadi bukan charger yang bermasalah, melainkan stop kontak yang kamu gunakan itu bermasalah.

  1. Cek Pakai Laptop

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengeceknya apakah baterai hp dapat terisi dengan charger yang disambungkan ke laptop.

Apabila tidak kompatibel dengan laptop, kamu bisa coba goyangkan kabelnya hingga terpasang dengan benar. Jika kabel kendor, gerakkan laptop sedikit. Namun bila tetap tidak mengisi, kemungkinan kabelnya yang rusak.

  1. Ganti Charger

Apabila berbagai cara telah kamu lakukan, dan hasilnya hp tetap tidak mau mengisi daya, kamu bisa mengganti atau membeli charger yang baru.

Apabila charger lain dapat mengisi daya hp, bisa jadi yang bermasalah adalah charger yang kamu gunakan tersebut.

Nah itulah cara yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki charger hp yang longgar. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini