Pertina Jateng Bertekad Loloskan Petinjunya Secara Meyakinkan di Pra Pon

Rapat Pleno Pertina Jateng di Kantor KONI Jateng yang membahas empat agenda besar. ( foto humas pertina)

SEMARANG (sigi jateng) – Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Jateng bertekad loloskan petinjunya secara meyakinkan di ajang Pra Pon yang rencananya akan digelar Juni 2023.

Agar target terwujud, Pertina Jateng akan menggelar Rapat Kerja Provinsi (Rekerprov) di Hotel Noormans Semarang, Sabtu (28/1) mendatang.

“Setidaknya ada empat agenda besar yang dibahas dalam Rakerprov. Pertama, adalah penyiapan para petinju yang diproyeksikan tampil di Pra-PON yang rencananya diselenggarakan di Solo, Juni 2023 mendatang,” kata Ketua Harian Pengprov Pertina Sudarsono saat memimpin Rapat Pleno Pertina di Kantor KONI Jateng, Semarang, Sabtu (21/1).

Hadir dalam rapat tersebut, diantaranya Wakil Ketua III Budi Martono, Sekretaris Achmad Ris Ediyanto, Wakil Sekretaris Muchamad Zaenuri, dan Bendahara Didik SP.

Dia mengatakan, Pertina Jateng ingin meloloskan petinju ke PON secara meyakinkan. Ini artinya, dalam Pra-PON nanti, Jateng tak ingin sekadar lolos, tapi lolos meyakinkan sehingga berpeluang meraih medali.

Agenda kedua, lanjut dia, bagaimana meraih prestasi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2023, Agustus mendatang di Sumatera Selatan. Pada babak Pra-Popnas Zona III di Banjarmasin, tim Jateng yang ditangani duet pelatih Pintor Manik-Agus Triyono mampu meloloskan tujuh petinju dengan capaian tiga emas, empat perak, dua perunggu.

”Kita berharap, dari tujuh petinju yang lolos ini, bisa ‘netes’ (menetas atau berbuah’ dengan medali emas. Bersama Disporapar, kami akan kawal mereka,” katanya.

Agenda ketiga, adalah sukses penyelenggaraan cabang tinju Porprov di SMKN 2 Pati, 6-11 Agustus mendatang. Sudarsono berharap, persiapan Porprov harus benar-benar detil, mulai kesiapan venue, akomodasi, transportasi, serta wasit/hakim yang bertugas. Dia ingin Porprov tinju berkualitas.

“Agenda terakhir adalah bagaimana di tengah kondisi anggaran yang terbatas, kita bisa bisa melanjutkan tradisi menggelar kompetisi melalui kejuaraan-kejuaraan. Ini bagian ikhtiar kita melakukan pembibitan,” kata mantan petinju tersebut.

Bahasan penting dalam rapat pleno adalah persiapan Pelatda Pra-PON. Pasalnya, pada PON 2021 di Papua, Jateng mampu merebut satu medali emas melalui Willis Boy Riripoy di kelas 91 kg. Dan pada PON Aceh-Sumut 2024, Jateng membidik dua medali emas.

Menurut Sudarsono, berdasarkan rekam jejak prestasi petinjunya, Pengprov Pertina sudah memiliki nominasi  siapa saja petinju yang akan dipanggil untuk mengikuti Pelatda Pra-PON. Pihaknya juga memiliki nominasi pelatih yang akan menangani tim Jateng di Pra-PON.

”Nama-nama tersebut akan kami sampaikan di Rakerprov, untuk dimintai pertimbangan bersama,” bebernya.

Sejumlah nama petinju lama masuk dalam daftar nominasi petinju yang diproyeksikan tampil di Pra-PON, seperti Willis Boy, dan petinju terbaik Pra-Porprov Musa Cahyadi. Untuk pelatih, diantaranya ada nama Rivo Rengkung dan Puspa Aprilia yang menangani tim PON Papua. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini