Hari Pendidikan Internasional, 24 Januari 2023: Sejarah, Tema dan Tujuannya

Hari Pendidikan Internasional, 24 Januari 2023: Sejarah, Tema, dan Tujuannya! (foto : freepik/pch-vector)

SIGIJATENG.ID – Apakah kamu pernah mendengar tentang Hari Pendidikan Internasional? Hari Pendidikan Internasional diperingati setiap tanggal 23 Januari.

Hari ini dideklarasikan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Desember 2018 dengan tujuan untuk merayakan dan merefleksikan pentingnya pendidikan untuk pembangunan dan perdamaian.

Hari Pendidikan Internasional dibuat untuk mengkampanyekan reformasi pendidikan yang lebih baik dan meningkatkan akses ke pendidikan untuk semua orang.

Dengan adanya hari ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran semua pihak untuk bersama-sama saling membantu dalam menyediakan akses ke pendidikan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Hari Anak Sedunia, Yuk simak informasi berikut!

Sejarah Hari Pendidikan Internasional

Pada tahun 1989, Konvensi Hak Anak menyatakan bahwa semua negara wajib membuat pendidikan tinggi yang dapat diakses semua orang. Pendidikan adalah hak asasi manusia serta menjadi tanggung jawab publik.

Setelah 26 tahun kemudian, tepatnya tahun 2015, dirumuskan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan tahun 2030. Pokok dari perumusan itu sebagai pendidikan yang kemudian secara khusus menjadi perhatian global.

Majelis Umum PBB menjadikan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional pada Desember 2018. Hari besar itu untuk merayakan peran pendidikan bagi pembangunan dan perdamaian di seluruh dunia.

Menurut data UNESCO, diperkirakan lebih dari 250 juta anak tidak bersekolah. Kondisi ini umumnya ditemukan pada masyarakat yang terpinggirkan, seperti orang-orang yang tinggal di daerah dengan ketimpangan tinggi dan negara-negara terbelakang.

Ada banyak sekali masyarakat di seluruh dunia saat ini yang bahkan menganggap pendidikan tidak diperlukan.

Untuk itu, dengan adanya Hari Pendidikan Internasional bisa meningkatkan kesadaran semua pihak bahwa pendidikan itu penting dan meningkatkan akses ke pendidikan untuk semua orang.

Tema Hari Pendidikan Internasional 2023

Dilansir dari situs UNESCO, tema Hari Pendidikan Internasional 2023 adalah “To Invest in People, Prioritize Education” yang berarti “Berinvestasi pada Manusia, Memprioritaskan Pendidikan”.

Tema ini dibuat sebagai pengingat akan pendidikan yang harus diprioritaskan untuk mempercepat kemajuan menuju pembangunan berkelanjutan. Selain itu, semua orang di seluruh dunia diharapkan mendapat kesempatan menempuh pendidikan yang berkualitas.

Tujuan Hari Pendidikan Internasional

Tercetusnya Hari Pendidikan Internasional yang memiliki sejarah yang panjang, pastinya tak lepas dari sederet tujuan yang perlu dicapai. Berikut beberapa tujuan Hari Pendidikan Internasional.

  • Mengevaluasi kembali pendidikan dalam kehidupan kita
  • Mengidentifikasi dan mengatasi masalah pendidikan di masyarakat kita
  • Memastikan bahwa pendidikan dasar dan menengah diberikan kepada anak-anak
  • Meningkatkan keterlibatan pemuda dalam pendidikan
  • Membekali anak-anak dengan pendidikan yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan masa depan yang lebih baik.

Demikian Informasi seputar Hari Pendidikan Internasional yang diperingati pada tanggal 24 Januari 2023. Semoga bermanfaat! (dimas)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini