Kuliah Umum di Unnes, Yoyok Sukawi Beberkan Lima Skill dalam Berkomunikasi Agar Sukses

Yoyok Sukawi memberikan kuliah umum pada acara Stadium General in Collaboration with Talkshow International yang diselenggarakan oleh BEM KM Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Minggu (17/9).

SEMARANG (sigijateng.id) – Anggota Komisi X DPR RI, A.S. Sukawijaya memberikan kuliah umum pada acara Stadium General in Collaboration with Talkshow International yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) pada Minggu (17/9) di Auditorium Prof. Wuryanto, Kampus Unnes Sekarang Gunungpati Semarang.

Pada kesempatan tersebut, legislator yang kerap disapa Yoyok Sukawi ini menyampaikan beberapa materi terkait skill komunikasi sebagai modal bagi mahasiswa baru.

“Sebagai mahasiswa, adik-adik harus punya skill komunikasi. Namun skill komunikasi bukan hanya soal berbicara, namun juga mengolah suatu pesan supaya dapat diterima audiens dengan baik dan benar.  Dalam komunikasi tersebut ada lima skill penting yakni respect, empathy, audible, clarity, dan humble,” ujar Yoyok Sukawi.

Legislator dari Dapil I Jawa Tengah ini lantas memberikan contoh dari pengaplikasian respect, empathy, audible, clarity, dan humble.

“Untuk berkomunikasi, kita harus respect dan menghormati lawan bicara, kemudian empati juga supaya tidak menunggurui, terus audible atau dapat didengar dan diterima dengan enak oleh lawan bicara. Tidak hanya itu, harus clarity atau jelas serta tetap humble dan memberikan senyum,” lanjutnya.

Selain itu, Yoyok Sukawi juga menjelaskan ke audiens supaya mahasiswa baru Unnes untuk paham akan perkembangan media sehingga bisa menjadi corong literasi ke depannya. “Dengan rekan-rekan mahasiswa melek akan media atau melek terkait komunikasi, pasti hoax itu bisa diminimalisir sehingga pesan akan tersampaikan dengan baik,” tutup Yoyok Sukawi. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini