Inilah Nasib Jepang dan Brazil di Babak 16 Besar Piala Dunia U-17

Timnas Brazil U17 suksees mengalahkan Ekuador U-17 di babak 16 Besar Piala Dunia U-17, Senin (20/11/2023) di Stadion Manahan Solo. ( foto instragram)

SIGIJATENG.ID – Babak 16 besar Piala Dunia U-17 sudah mulai digelar Senin (20/11/2023). Ada dua laga yang digelar di Stadion Manahan Solo, yakni Ekuador kontra Brazil, dan Spanyol kontra Jepang.

Laga pertama digelar pukul 15.30 antara Ekuador dengan Brazil, kemudian dilanjut pada pukul 19.00 laga antara Spanyol vs Jepang. Bagaimana dengan nasib Brazil dan Jepang?.

Nasib Jepang harus terhenti di babak 16 besar. Dalam laga yang berjalan menarik itu, Timnas Jepang U-17 kalah Spanyol U-17 dengan skor 1-2. Dengan hasil ini, Spanyol lolos ke perempat final Piala Dunia U-17 2023.

Spanyol unggul pada menit kedelapan melalui skema serangan balik cepat yang merobohkan pertahanan Jepang.

Spanyol bisa mencetak gol lewat umpan terobosan Juan Hernandez. Hernandez yang bergerak di sisi kiri mengoper ke lapangan tengah, namu operan itu dibiarkan salah satu pemain Spanyol, sampai akhirnya Quim Junyent menerima bola dengan baik.

Junyent kemudian mengecoh satu pemain Jepang sebelum melepaskan tembakan kaki kanan dari dalam kotak penalti ke sisi kanan gawang Jepang yang dijaga kiper Wataru Goto.

Pada menit ke-16 gelandang Gaku Nawata memiliki kans menembak. Hanya saja tendangan kaki kanan Nawata dari luar kotak penalti ke arah kanan bawah gawang Spanyol bisa ditepis kiper Raul Jimenez.

Menjelang turun minum Jepang menyamakan kedudukan jadi 1-1. Bermula dari umpan silang Ryunosuke Satu dari sisi kanan, Gaku Nawata yang menerima memutar badannya.

Tanpa pikir panjang Nawata melepaskan tembakan kaki kanan yang membuat bola mengarah ke pojok kiri bawah gawang Spanyol.

Dua pemain Spanyol di dekat Nawata menghalangi pandangan kiper Raul Jimenez. Karena itu juga Jimenez tidak banyak bereaksi dan hanya melihat bola masuk ke gawangnya pada menit ke-40.

Kebobolan di babak pertama membuat Jepang meningkatkan serangan pada babak kedua. Pada menit ke-47 tendangan kaki kiri Igor Oyono diamankan kiper Goto.

Pada menit ke-55 Nawata melepaskan tendangan spekulasi kaki kanan dari jarak jauh. Tendangan dari hampir setengah lapangan itu mengarah ke gawang Spanyol, namun bisa ditangkap kiper Jimenez.

Terjadi kemelut di depan gawang Jepang pada menit ke-71. Oyono memberikan umpan tarik kepada Guiu, namun diblok pertahanan Jepang. Bola liar disambar Paulo Iago dengan kaki kanan tetapi membentur mistar gawang.

Marc Guiu akhirnya memecahkan kebuntuan di babak kedua dengan gol pada menit ke-73. Gol itu bermula dari umpan terobosan apik Junyent yang mengecoh lini pertahanan Jepang.

Guiu menerima bola itu dengan baik dan saat berhadapan dengan kiper Goto, striker Barcelona tersebut menempatkan bola di sisi kiri bawah gawang Samurai Biru. Spanyol unggul 2-1.

Usai tertinggal 1-2, Jepang memiliki dua kesempatan menembak. Hanya saja kiper Jimenez bisa menggagalkan peluang itu, satu kans lain melayang di atas gawang Tim Matador.

Hingga usai Spanyol menang 2-1 atas Jepang. Spanyol U-17 lolos ke babak perempat final Piala Dunia U-17 2023 dna Jepang harus angkat koper.

Sementara, Brazil U-17 berhasil mengalahkan Ekuador dengan skor 3-1 dalam laga yang digelar di Stadion Manahan, Solo, sore ini.

Brasil memimpin 1-0 lebih dulu di menit 15. Tendangan Estevao gagal dihadang kiper Ekuador, Cristhian Loor. Namun Ekuador berhasil menyamakan skor 1-1 jelang turun minum. Kapten Ekuador, Michael Bermudez sukses menyamakan skor usai manfaatkan kemelut di depan gawang Brasil.

Jual beli serangan kembali dipertontonkan kedua tim usai jeda. Menit 49, Ekuador memberi ancaman ke gawang Brasil, namun bola masih menyamping.

Menit 52, gawang Ekuador hampir kebobolan, beruntung tendangan keras pemain Brasil, Estevao hanya membentur mistar gawang. Menit 57, lini pertahanan Ekuador harus jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari serangan tim Samba Muda di depan gawang.

Menit 65, pelatih Phelipe Leal memasukkan tenaga baru Luighi menggantikan Kaua Elias. Top skor sementara Brasil itu masih minim peluang sepanjang laga.

Tak berselang lama, terjadi kemelut di depan gawang Brasil, namun gagal dimanfaatkan Ekuador menjadi gol.

Menit 71, Brasil kembali memimpin 2-1 usai Estevao mencetak gol keduanya lewat set piece. Tendangan bebas pemain asal klub Palmeiras itu menjebol gawang Ekuador usai berubah arah setelah membentur pagar betis dan gagal dihalau kiper Ekuador.

Menit 84, Brasil kembali mengancam lewat Luighi, namun tendangannya masih bisa diamankan kiper Ekuador.

Memasuki lima menit terakhir, Ekuador banyak memasukkan tenaga baru untuk menambah daya gedor. Namun serangan yang digalang Michael Bermudez dkk masih belum menemui sasaran.

Menit 90, Brazil akhirnya menjauh menjadi 3-1 usai pemain pengganti Luighi mencetak gol memanfaatkan umpan Pedro Luma dari sisi kanan.

Hingga pertandingan selesai, skor 3-1 tetap bertahan. Brasil menjadi tim pertama yang lolos ke 8 besar Piala Dunia U-17 2023.

Berikut Jadwal Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Senin, 20 November 2023

15.30 WIB: Ekuador vs Brasil, Manahan

19.00 WIB: Spanyol vs Jepang, Manahan

Selasa, 21 November 2023

15.30 WIB: Mali vs Meksiko, Gelora Bung Tomo

15.30 WIB: Jerman vs Amerika Serikat, Si Jalak Harupat

19.00 WIB: Argentina vs Venezuela, Si Jalak Harupat

19.00 WIB: Maroko vs Iran, Gelora Bung Tomo

Rabu, 22 November 2023

15.30 WIB: Inggris vs Uzbekistan, Jakarta International Stadium

19.00 WIB: Prancis vs Senegal, Jakarta International Stadium.

(asz)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini