Dukung Perkembangan UMKM, Mahasiswa Ilkom USM Gelar Workshop Digital Marketing

Workshop Digital Marketing yang diadakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang di Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, 13 April 2023. (foto usm)

SEMARANG – Dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Sawah Besar, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Semarang mengadakan Workshop Digital Marketing mengenai pemanfaatan media sosial dalam penjualan bagi pelaku UMKM.pada 13 April 2023, di Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.

Ketua Panitia Mahasiswa Ilmu Komunikasi USM, Muhammad Faishal mengatakan, kegiatan yang diikuti 25 pelaku UMKM itu bertujuan memberikan pemahaman dan dukungan bagi UMKM agar dapat memanfaatkan media sosial dengan optimal dalam memasarkan produk.

”Kami menyampaikan pentingnya memanfaatkan media sosial sebagai sarana pemasaran yang efektif dan efisien bagi UMKM. Kami memberikan berbagai strategi dan tips dalam memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk UMKM,” katanya.

Dia berharap, dengan menghidupkan kembali UMKM di Kelurahan Sawah Besar yang sempat menurun, penyuluhan tersebut dapat membantu para pengusaha UMKM.

”Pemasaran melalui media sosial sangat diperlukan, terlebih di era serba digital saat ini memiliki dampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, dalam sosialisasi Digital Marketing tersebut, pemateri memberikan panduan cara memaksimalkan penggunaan Marketplace di Facebook, cara mengambil video sederhana dengan menggunakan handphone, serta penulisan caption yang menarik bagi konsumen.

”Beberapa pengusaha UMKM di Kelurahan Sawah Besar terlihat sangat antusias akan materi yang dipaparkan. Hal itu terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan terkait strategi konten dan penulisan caption yang baik di media sosial,” ungkapnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat membantu UMKM di Kelurahan Sawah Besar untuk meningkatkan penjualan melalui media sosial, dan menjadi contoh bagi mahasiswa dan masyarakat untuk lebih peduli dan berkontribusi dalam mendukung UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi.

“Kami berharap, dari penyuluhan Digital Marketing ini memberikan perubahan yang positif dalam penjualan produk bagi UMKM di wilayah Kelurahan Sawah Besar,” tandasnya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini