Coba, Begini Cara Mengatasi Google Chrome yang Berat Jadi Cepat

Cara Mengatasi Google Chrome yang Berat Jadi Cepat (foto: freepik)

SIGIJATENG.ID – Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di dunia.

Hal itu, dikarenakan Google Chrome memiliki serangkaian fitur yang kuat, diintegrasikan ke akun Google, ekosistem eksistensi, dan rangkaian aplikasi seluler yang banyak tersedia. Bahkan, Chrome memblokir beberapa iklan yang tidak sesuai dengan standar industri yang diterima.

Sebagai pengguna Google Chrome, pasti kamu pernah merasakan jika terkadang Google Chrome bekerja lambat atau berat saat digunakan, sehingga sangat mengganggu aktivitas browsing mu.

Penyebab Google Chrome lambat sendiri ada beragam. Salah satunya kondisi penggunaan CPU yang tinggi yang lama-kelamaan dapat menyebabkan peramban jadi lemot, tersendat atau lag, dan bahkan hang.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara yang harus dilakukan agar browser ini lebih ringan dan cepat saat digunakan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut SIGI JATENG berikan 5 cara mengatasi google chrome yang berat jadi cepat. Simak berikut ini!

  1. Hapus data cache dan ekstensi yang tidak diperlukan

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah dengan menghapus data cache. Kamu perlu membersihkannya secara rutin.

Pasalnya, data cache yang menumpuk akan memberikan beban tersendiri pada kinerja Google Chrome. Lakukan secara rutin setidaknya satu minggu sekali agar performa komputer menjadi lebih baik dan cepat.

Selanjutnya, jangan lupa untuk menghapus ekstensi yang tidak diperlukan. Google Chrome memiliki sejumlah ekstensi yang dapat membantu memudahkan pekerjaan. Namun ekstensi ini dapat menjadi penyebab browser Chrome menjadi lebih lambat.

Kamu bisa menghapus ekstensi yang tidak diperlukan dengan memeriksanya di chrome://extensions/, lalu nonaktifkan beberapa ekstensi yang tidak diperlukan.

Adapun cara menonaktifkan ekstensi sangat mudah, yakni dengan klik hapus untuk memutuskan instalasi ekstensi pada Google Chrome.

  1. Perbarui sistem Chrome

Langkah berikutnya yang wajib dilakukan adalah memperbarui sistemnya. Memperbarui sistem dapat mengoptimalkan dan mempercepat kinerja Chrome.

Pada dasarnya, Google Chrome akan secara otomatis memperbarui dirinya ke versi terbaru. Namun, terkadang hal tersebut terhambat karena koneksi jaringan atau beberapa alasan teknis lainnya.

Untuk memeriksa dan memperbarui peramban, kamu bisa ke halaman chrome://help/ kemudian mengikuti petunjuk selanjutnya.

  1. Tutup tab yang tidak digunakan

Saat kamu sudah selesai mencari suatu informasi melalui google chrome, pastikan untuk segera menutup tab yang sudah tidak digunakan.

Tab atau jendela yang banyak dibuka sekaligus juga dapat membuat Chrome jadi bekerja lambat.

  1. Aktifkan Prefetch

Mengutip laman How to Windows, kamu bisa mengaktifkan prediksi tindakan jaringan yang disebut Prefetch. Cara ini dapat memudahkan kamu menemukan halaman web yang dicari jadi lebih cepat. Berikut cara untuk memeriksa dan mengaktifkan prefetch:

Buka Google Chrome.
Klik sudut kanan atas layar atau ketik chrome://settings/.
Klik Privasi dan keamanan.
Lalu buka Cookie dan data situs lainnya.
Kemudian aktifkan halaman Pramuat untuk penelusuran dan penelusuran yang lebih cepat.

  1. Gunakan tema default

Agar tidak memakan RAM yang besar, kamu bisa mengembalikan tema di Google Chrome ke settingan Default. Berikut langkahnya:

Ketik chrome://settings/ di halaman Appearance.
Jika Reset to default theme tidak berwarna abu-abu, maka kamu perlu menjalankan tema khusus dengan menekan tombol untuk kembali ke Default.

Demikian informasi tentang cara mengatasi Google Chrome yang berat agar menjadi cepat. Semoga bermanfaat! (dimas)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini