Yoyok Sukawi Dukung Rencana PPLN di Bali Tidak Dikarantina, Asal…

Yoyok Sukawi, anggota Komisi X DPR RI (foto aris syaefudin/sigijateng)

JAKARTA (Sigijateng.id) – Anggota Komisi X DPR RI, A.S Sukawijaya merespon rencana pemerintah melonggarkan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN). Yoyok mengatakan, kebijakan tersebut perlu didukung jika melihat data cakupan vaksinasi di Bali.

“Kami di Komisi X tentu mendukung kalau itu demi kebaikan Bali. Apalagi selama ini masyarakat Bali menggantungkan hidupnya di pariwisata dan sangat terdampak industri pariwisata di sana yang sampai menghilangkan mata pencaharian,” ujar Yoyok Sukawi, Kamis (3/3/2022).

Belum lama ini, pemerintah pusat melalui koordinator PPKM, Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan bahwa Bali akan diuji coba untuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), yakni tidak melakukan karantina ketika pelaku perjalanan sampai di Pulau Dewata, mulai 14 Maret 2022.

“Berdasarkata data sampai 2 Maret yang kami baca, cakupan vaksinasi dosis kedua untuk masyarakat umum di Bali sudah mencapai 94 persen. Demi masyarakat Bali, silakan, namun dengan kehati-hatian,” tambah Yoyok.

Legislator Partai Demokrat ini juga berpendapat supaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah di Bali untuk tegas kepada PPLN apabila kebijakan tanpa karantina di Bali diterapkan.

Salah satunya yakni ketegasan kepada PPLN yang tengah sakit untuk sementara waktu dipisahkan dan dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Kalau kebijakan tersebut jadi, pemerintah tetap harus hati-hati. Salah satunya PPLN dari luar negeri yang punya keluhan sakit saat datang di Bali untuk tetap dipisahkan dan yang terpenting screening berjalan ketat. Jadi supaya pariwisata tetap jalan, masyarakat di Bali juga senantiasa sehat. Semoga industri pariwisata di Bali cepat merangkak naik,” pungkas Yoyok Sukawi. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini