Total 493 Jamaah Calon Haji Asal Kendal Siap Berangkat ke Tanah Suci, Ini Pesan Bupati Dico

Ilustrasi. Foto : pixabay.com

Kendal (Sigijateng.id) – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Kendal, Mahrus melaporkan, jumlah kuota haji Indonesia tahun 2022 ini sebanyak 100 ribu jamaah. Untuk Kabupaten Kendal sendiri total ada sebanyak 493 jamaah yang akan diberangkatkan ke tanah suci.

“Dari 461 jamaah terkonfirmasi lunas, empat petugas pendamping dan 28 jamaah cadangan. Untuk keberangkatan jamaah cadangan berbeda dengan yang sudah terjadwal,” kata Mahrus, disela kegiatan Bimbingan Manasik Haji di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Senin (23/5/2022).

Untuk keberangkatan jamaah haji tahun ini, dijelaskan Mahrus, dari Pemerintah Arab Saudi membatasi usia maksimal 65 tahun. Sedangkan yang usianya di atas 65 tahun, pihaknya berjanji akan diikutkan di tahun berikutnya.

Mahrus juga mengaku, sampai saat ini, Kemenag Kabupaten Kendal belum mendapatkan kepastian jadwal pemberangkatan jamaah haji dari pemerintah.

“Ya keputusan dari Pemerintah Arab Saudi, jamaah haji tahun 2022 ini dibatasi usianya di bawah 65 tahun. Untuk keberangkatan haji, kami dan seluruh Kemenag di Jawa Tengah belum mendapatkan jadwal,” terang dia.

Salah satu calon jamaah haji, warga RSS Blok L Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal mengaku, dirinya sudah mendaftarkan haji sejak tahun 2011 lalu.

“Seharusnya saya berangkat tahun 2020 lalu. Tapi karena ada pandemi, jadi tertunda dua tahun. Insyaallah di tahun 2022 ini saya sudah siap untuk berangkat,” ujar Muhammad Abidin (62).

Sementara itu, Bupati Dico M Ganinduto menghimbau kepada calon jamaah haji, untuk selalu menjaga kesehatan dalam pelaksanaan haji dan selalu bersabar, serta menitip doa kepada calon jamaah haji untuk kemajuan Kabupaten Kendal.

Dirinya juga berharap, semoga seluruh calon jamaah haji dan pendamping saling menjaga kekompakan dan kebersamaan serta saling membantu selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

“Semoga calon jamaah haji Kabupaten Kendal menjadi haji yang mabrur yang selalu menjaga kemabrurannya sepanjang hayat dan semoga kembali lagi ke Kabupaten Kendal dalam keadaan sehat wal’afiat,” imbuh Bupati. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini