Sosialisasikan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, Mahasiswa UIN Walisongo Semarang Ajarkan Cara Cuci Tangan

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Ajarkan Cara Cuci Tangan kepada murid SD. ( foto tom KKN)

SEMARANG (sigijateng.id)-  Mahasiswa KKN Reguler 79 kelompoh 42 UIN Walisongo Semarang mengadakan sosialisasi prilaku hidup  bersih dan sehat ( PHBS), di SDN Sugihan 1, Kecamatan Tengaran , Kab. Semarang , Jumat (7/2022).

Acara sosialisasi prilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS) yang diberikan mahasiswa UIN Walisongo adalah memberikan edukasi tentang enam langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

Agar mudah diingat, cara mengedukasi siswa dilakukan  melalui gerakan dan lagu ini diikuti oleh seluruh siswa- siswi dari kelas 1 sampai kelas 6  SDN Sugihan 1. 

Intan selaku salah satu anggota divisi kesehatan dan lingkungan , KKN   Reguler 79 kelompok 42 menjelaskan,  tujuan dari kegiatan sosialisasi PHBS  berupa edukasi  6 langkah cuci tangan adalah untuk meningkatkan kesadaran anak- anak mengenai pentingnya mencuci tangan dengan baik dan benar.

“Kami mengadakan sosialisasi prilaku  hidup  bersih dan sehat  ( PHBS) dengan cara seperti ini agar anak- anak lebih mudah mengingat cara mencuci tangan yang baik dan benar,” kata dia.

Menurutnya, edukasi ini dilakukan mengingat pentingnya cuci tangan bagi anak anak yaitu untuk menunjang kesehatan anak secara keseluruhan . Dengan menjaga kebersihan tangan melalui cuci tangan, maka kesehatan anak juga akan ikut terjaga. Mengingat tangan merupakan bagian tubuh yang mengandung banyak sekali kuman , karena tangan sering bersentuhan langsung dengan benda benda di sekitar anak .

“Melalu kegiatan sosialisasi ini, kami berharap anak- anak mampu menerapaka prilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari hari sehingga anak mampu terhindar dari sakit yang disebabkan oleh  kuman dan bakteri melalui tangan” kata Intan, mahasiswa jurusan Psikologi  UIN Walisongo Semarang ini. 

Karena acara digelar hari Jumat, sebelum dilaksanakan edukasi PHBS cara cuci tangan, para siswi diajak lebih dulu mengikuti senam sehat selama kurang lebih satu jam.

Kemudian dilanjut dengan bermain sebentar yang dipandu oleh mahasiswa KKN dengan tujuan untuk melatih fokus anak anak sebelum sosialisasi dimulai.

Slamet S.pd , selaku Kepala sekolah SDN Sugihan 1 mengatakan kegiatan yag dilakukan oleh mahasiswa KKN adalah sangat baik.

“Kami mendukung penuh seluruh  program  KKN Reguler 79 kelompoh 42  yang di selenggarakan di SDN Sugihan 1,” kata Slamet.

Dia juga berharap anggota KKN Reguler 79 kelompoh 42 dapat  memberikan ilmu- ilmu baru kepada siswa- siswinya tersebut.

” Saya berterimakasih kepada semua anggota KKN dari UIN Walisongo Semarang yang telah memberikan ilmunya kepada murid – murid kami. Kami mendukung penuh program- program mahasiswa UIN Walisongo Semarang di sekolah kami,” tutur  Bapak Slamet S.pd. (tim kkn/asz)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini