Reusable Cotton Pads, Pengganti Kapas Wajah yang Ramah Lingkungan

ilustrasi: Pengganti Kapas Wajah yang Ramah Lingkungan ( foto instagram ellen.noir)

SIGIJATENG – Menjaga lingkungan adalah tanggung jawab kita semua sebagai manusia yang berakal. Sampah yang menumpuk selain menghilangkan keindahan juga menimbulkan masalah-masalah lain yang cukup serius.

Kesadaran untuk menjaga lingkungan harus dimulai dari diri sendiri. Bagi anda yang hampir setiap hari menggunakan make up pasti tidak asing dengan kapas. Benda mungil bertekstur lembut itu pasti digunakan untuk membersihkan make up dari wajah dengan bantuan micellar water.

Setidaknya anda menggunakan paling sedikit 1 lembar kapas per harinya untuk membersihkan wajah. Sedikit? Tidak juga kalau ditotal per tahun, dengan tambahan kapas yang anda gunakan untuk merapikan eyeliner yang luntur, menghapus makeup tebal, dan masih banyak lagi.

Sedikit demi sedikit, kapas (plus kemasannya dan plastik dari toko tempat Anda membeli kapas) dapat berkontribusi pada menumpuknya sampah.

Namun, sadarkah anda jika penggunaan kapas yang di total selama setahun dapat menimbulkan efek buruk kepada lingkungan? Alternatif lain ternyata tersedia, yakni dengan menggunakan reusable cotton pads sebagai pengganti kapas sekali pakai.

Reusable cotton pads adalah kapas dalam bentuk kain, sehingga dapat digunakan berkali-kali. Kapas kain ini dibuat sedemikian rupa agar lembut di wajah, walau terkadang ada pula yang sengaja mendesain reusable cotton pads dengan 2 sisi, satu sisi lembut dan satu sisi bertekstur untuk eksfoliasi. Selain itu, ada pula yang mendesain satu sisi lembut untuk muka dan satu sisi lainnya dengan motif menarik.

Uniknya sebagian besar reusable cotton pads dari brand lokal memiliki diameter 6-7cm, sehingga ukurannya cukup besar dan satu kapas saja sudah cukup untuk seluruh muka.

Dilansir dari Well + Good, dermatolog Joshua Zeichner menyatakan bahwa penggunaan reusable cotton pads dinilai aman, dengan catatan anda perlu sering membersihkannya. Zeichner menekankan, bukan sekedar membersihkannya sesekali sebagaimana Anda membersihkan spons dan kuas makeup, tetapi benar-benar membersihkannya setiap hari. Apalagi, Anda akan membersihkan makeup yang notabene mudah meninggalkan noda pada kain, semakin lama Anda menunda mencucinya, semakin sulit pula noda tersebut dibersihkan. Berikut ini cara membersihkan reusable cotton pads:

§ Sebelum digunakan untuk pertama kalinya, cuci reusable cotton pads terlebih dahulu atau rendam di air panas.

§ Setelah digunakan, Anda bisa mencuci reusable cotton pads menggunakan tangan dan sabun bayi dengan gerakan memijat kapas hingga bersih dari kotoran.

§ Anda juga bisa mencucinya dengan mesin cuci. Untuk menghindari serat kapas terurai, gunakan kantung cucian sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci, lalu gunakan sedikit saja deterjen.

Walau dapat dicuci hingga bersih, reusable cotton pads tetap akan terurai, bernoda, dan ‘melar’ seiring berjalannya waktu, sehingga fungsinya tak akan maksimal. Oleh karena itu, reusable cotton pads disarankan untuk digunakan selama 3-4 bulan saja.

Selain berkontribusi dengan menjaga lingkungan agar tetap asri, biaya yang anda keluarkan tidak sebesar dengan biaya untuk membeli kapas. Karena satu bandel cotton pads yang biasanya berisikan 4 cotton pads dijual dengan harga Rp20.000 – Rp30.000 saja. (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini