Kuras Barang Berharga Milik Tetangga, Pemuda di Klaten Diringkus Polisi

Ilustrasi. Foto :pixabay.com

Klaten (Sigijateng.id) – Tim Polsek Tulung dan Polres Klaten berhasil meringkus DS (20) seorang pemuda warga Desa Majegan, Kecamatan Tulung, Klaten, Jawa Tengah. DS (20) ditangkap karena mencuri barang dengan menguras isi rumah sekaligus ATM milik tetangganya sendiri.

“Setelah beraksi, pelaku meninggalkan TKP menuju ke ATM. Pelaku mengambil uang korban di ATM tunai sebesar Rp 6,1 juta dan ditransferkan ke rekening pelaku sebesar Rp 10 juta,” kata Kasi Humas Polres Klaten Iptu Abdillah, Kamis (6/10/2022).

Iptu Abdillah menjelaskan, pelaku ditangkap kemarin setelah ada laporan kejadian pada Minggu (2/10) pukul 14.30 WIB. Rumah korban S (45) warga Desa Majegan, Kecamatan Tulung saat kejadian kosong.

“Pelaku sengaja mengendarai motor keliling di daerah Tulung mencari sasaran rumah kosong. Tersangka melihat rumah korban dalam keadaan kosong dan pagar rumah dalam keadaan terkunci,” urainya.

Lanjut Abdillah, pelaku DS kemudian memarkir sepeda motornya di dekat lokasi. DS masuk rumah dengan cara memanjat tembok belakang.

“Memanjat tembok lalu masuk ke dalam melalui pintu belakang dengan mencongkel pintu menggunakan obeng. Pelaku lalu masuk kamar,” imbuh Abdillah.

Saat berada di dalam kamar, kata Abdillah, tersangka mengambil barang berharga, termasuk buku tabungan milik korban.

“Pelaku mencari barang berharga di dalam lemari pakaian dan ditemukan beberapa emas. Termasuk buku tabungan yang ada kertas nomor PIN,” beber Abdillah.

Atas laporan tersebut, kemudian tim gabungan melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi. Tidak butuh waktu lama, polisi pun berhasil meringkus pelaku.

“Pelaku kita tangkap dengan bukti sepeda motor, 3 cincin emas, 4 gelang emas dan lainnya. Pelaku dijerat pasal 363 ayat 1 ke 5e KUHP dengan ancaman hukumannya 7 tahun,” tandasnya.

Sementara, Kaur Bin Ops Sat Reskrim Polres Klaten Iptu Umar Mustofa menambahkan isi tabungan korban dikuras lewat ATM. Sebab saat menguras isi rumah pelaku menemukan PIN tabungan.

“PIN ada di dompet lemari tertulis secarik kertas saat pelaku mencari barang berharga di lemari. Kita imbau masyarakat untuk berhati-hati mengamankan PIN,” terang dia. (Red)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini