Identifikasi Benda Diduga Bom Menunggu Tim Jihandak Polda Jateng

Benda diduga Bom ditemukan warga Blora, Sabtu (6/8/2022) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Sebuah benda diduga bom yang diperkirakan pada jaman belanda ditemukan warga Rt 02/07 Dukuh Karanglegi, Desa Patalan, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora,Sabtu pagi ( 6/08/2022).

Benda diduga bom yang ditemukan Kumaidi di pekarangan sawah milik alm suyat ini diperkirakan dengan bobot 50-60 Kg dengan panjang kurang lebih 70 cm dan berusia ratusan tahun. 

Bom ditemukan dikedalam 60 – 70 cm dengan menggunakan alat meta detektor yang dibelikan secara online. 

Kapolsek Blora Akp Yulianto, menjelaskan, mendengar adanya laporan temuan benda yang diduga bom ini langsung terjun ke lokasi melihat benda tersebut dan memasang garis polisi. 

“Jadi pak kumaidi ini membeli alat metadetektor dan sudah tiga hari ini menggunakan alatnya, mencari benda logam di tepi sungai, persawahan dan hari ini mendapatkan benda di duga bom dan dibawa pulang, dan dilaporkan pada babinkamtibmas dan ini kami tindaklanjuti ke lokasi, ” jelas Kapolsek. 

Menindaklanjuti hal itu, kapolsek berkoordinasi dengan kapolres, dan berkomunikasi tim jihandak polda jateng. 

“Surat sudah kami buat, dan rencana besok akan datang untuk mengecek dan dimusnahkan,” ucapnya. 

Kapolsek menghimbau kepada masyarakat jika menemukan benda aneh, atau yang tidak familiar, bisa komunikasi dengan babinkamtibmas maupun babinsa yang ada di desa. 

“Jika menemukan benda yang aneh, jangan bawa pulang, laporkan dulu, biar nanti tim yang datang,” Imbaunya. 

Kumaidi (36) menjelaskan awal mula penemuan benda yang diduga bom ini didasari dari rasa penasaran dirinya yang mendengar cerita bahwa di lokasi sekitar makam desa setempat terpendam banyak benda benda jaman dahulu.

“Ya iseng mencari, karena mendengar cerita mbah mbah kalau lokasi dekat makam ada benda benda disimpan disana saat jaman perang, ” jelasnya. 

Menurutnya, benda yang diduga bom ini ditemukan tadi pagi sekita pukul 09:00 Wib. Ia menceritakan saat menemukan hanya sendiri. 
“Mencarinya sendiri, tapi saat mengangkut bersama teman satu orang, karena terlalu berat, ” imbuhnya. 

Penemuan benda yang diduga bom ini sontak menjadi gempar warga sekitar, meraka berdatangan untuk melihat benda tersebut. Saat ini benda yang di bawa di rumah kumaidi dan sudah di beri garis polisi. Untuk esekusinya, petugas dari polres Blora masih menunggu tim Jihandak. Untuk saat ini benda tersebut dalam penjagaan petugas.(Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini