Berikut ini Kiat Memilih Aplikasi Bisnis Gratis bagi Pebisnis di Era Digital

Ilustrasi. Foto:pixabay.com

Jakarta (Sigi Jateng) – Di era digital seperti saat ini, aplikasi bisnis sangat dibutuhkan oleh para pengusaha. Sebab, dengan menerapkan manajemen bisnis modern mampu meningkatkan profit sebuah perusahaan.

Bahkan saat ini, banyak aplikasi bisnis yang menawarkan kemudahan bagi para penggunanya. Dari aplikasi pencatatan, aplikasi kasir, aplikasi absensi, aplikasi gaji, hingga aplikasi pengiriman barang. Itu semua dapat membantu operasional perusahaan menjadi lebih efisien.

Mulai dari menghitung total harga, menyiapkan struk bahkan mampu membuat laporan keuangan secara cepat dan akurat. bahkan aplikasi bisnis ini pun ada yang gratis, meski fitur-fitur di dalamnya tidak selengkap aplikasi berbayar.

Aplikasi bisnis kini banyak ditemui pada Playstore. Namun, bagaimana caranya kita dapat memilih aplikasi bisnis yang terbaik untuk perusahaan:

Berikut 8 tips memilih aplikasi bisnis gratis terbaik:

 Ilustrasi. Foto:pixabay.com

1. Sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Aplikasi bisnis gratis tentunya menawarkan banyak fitur yang dapat membantu penggunanya dalam mengerjakan tugasnya. meski demikian, tidak semua fitur yang ada dalam aplikasi bisnis tersebut dibutuhkan oleh penggunanya.

Terkadang beberapa penggunaannya membutuhkan program kalkulasi harga, program pembayaran kasir, atau sekedar untuk mencetak struk pembayaran. karena itu sebaiknya Pilihlah terlebih dahulu apa yang menjadi kebutuhan perusahaan kamu.

Ketika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi kebutuhan perusahaan, maka kamu bisa memilih aplikasi bisnis gratis mana yang cocok dengan kebutuhan.

2. Aplikasi bisnis harus mudah digunakan

Untuk memilih aplikasi bisnis yang baik, maka kamu harus pastikan bahwa aplikasi bisnis tersebut dapat digunakan dengan mudah oleh siapapun. Jangan memilih aplikasi bisnis gratis yang pada akhirnya menyulitkan pekerjaan kamu.

Untuk itu Pilihlah aplikasi bisnis gratis yang dapat mengakses semua fiturnya dengan mudah dan cepat. Pastikan semua orang mampu mengoperasionalkan aplikasi tersebut dari pemilik usaha, Manager, karyawan bahkan kasir di perusahaan.

Jika penggunaan aplikasi bisnis tersebut terlalu sulit maka program tersebut dianggap tidak user friendly. Kemudian aplikasi bisnis harus responsif tidak lemot ketika digunakan.

Selanjutnya, kamu bisa memilih aplikasi bisnis gratis yang dapat memberikan informasi lengkap mengenai cara penggunaan seluruh fitur sehingga pemilik usaha tidak akan merasa kesulitan dalam memaksimalkan penggunaannya.

3. Harus terhubung dengan cloud

Sekarang ini komputasi cloud menjadi sebuah ukuran apakah aplikasi bisnis gratis tersebut mampu menyimpan data, sehingga data yang ada dalam aplikasi tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun karena terhubung dengan jaringan internet.

Dengan aplikasi bisnis gratis yang terhubung dengan cloud maka pengguna atau pemilik bisnis dapat mengontrol operasionalnya sebuah perusahaan tidak harus ke kantor. Kamu bisa mengontrol operasional bisnis dari manapun dan kapanpun kamu membutuhkan.

Artinya dengan menggunakan aplikasi bisnis maka kamu sudah bisa menjalankan sebuah perusahaan yang efisien.

4.Pastikan keamanan aplikasi

Faktor keamanan menjadi hal yang paling penting dalam memilih aplikasi bisnis, karena dalam aplikasi bisnis tersebut akan menyimpan data-data penting sebuah perusahaan. banyak data transaksi dan stok barang, strategi bisnis, maupun laporan keuangan yang bersifat rahasia.

Karena itu, pastikan keamanan dari aplikasi bisnis tersebut, sehingga tidak mudah dibobol atau di hack oleh pihak-pihak yang merugikan.

5. Memiliki pelayanan customer service

Memilih aplikasi bisnis gratis, sebaiknya memperhatikan adanya layanan customer service, karena pelayanan ini sangat penting ketika suatu saat pengguna mengalami kendala dalam mengoperasionalkan aplikasi bisnis tersebut.

Dengan memilih aplikasi bisnis yang memiliki dukungan customer service maka setiap kendala yang dialami oleh aplikasi tersebut akan segera teratasi. artinya kapanpun kendala aplikasi bisnis dapat segera diperbaiki.

6. Memiliki ulasan yang bagus

Salah satu cara untuk memilih aplikasi bisnis gratis yang terbaik dapat kamu lakukan dengan melihat ulasan atau testimoni pada Playstore. Dalam Playstore biasanya sebuah aplikasi bagus atau tidak, dapat disimbolkan melalui icon bintang.

Umumnya penilaian aplikasi dapat dilihat dari seberapa banyak bintang yang diberikan oleh para penggunanya. Contohnya, aplikasi dengan bintang lima maka dapat diartikan aplikasi tersebut sangat baik dan memuaskan penggunanya. (dye)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini