Arthur Irawan Merapat ke PSIS?, Begini Penjelasan Bos PSIS Yoyok Sukawi

Pemain Persik Kediri, Arthur Irawan (kanan) berjabat tangan dengan legenda sepak bola Brasil, Ronaldinho dalam ajang Trofeo Nusantara di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (26/6/2022) malam WIB. (foto tim Persik Kediri

SEMARANG (sigijateng.id) – Sosok punggawa Persik Kediri, Arthur Irawan menjadi perhatian public sepak bola Semarang dan Kediri.Pasalnya, Arthur Irawan ini disebut-sebut bakal pindah ke PSIS Semarang pada putaran kedua kedia Liga musim 2022/2023.

Isu ini awalnya berhembus di lini masa twitter setelah akun @mafiawasit menyebutkan bahwa ada kabar Arthur Irawan akan direkrut PSIS di putaran kedua.

Tak ayal, informasi ini langsung menarik perhatian pecinta PSIS Semarang.  Apalagi, saat ini lini belakang PSIS Semarang menjadi sorotan supporter PSIS karena lini belakang dinilai belum solid, masih mudah dibobol lawan.

Apakah benar demikian? Chief Executive Officer (CEO) PSIS Semarang, Yoyok Sukawi membantah gosip yang menyebutkan bahwa pemain Persik Kediri, Arthur Irawan akan merapat ke Laskar Mahesa Jenar pada putaran kedua nanti.

“Ojo percaya hoax, lagi usum hoax,” ujarnya saat ditanyai awak media pada Minggu (11/9) di Semarang.

Menurut Yoyok Sukawi, saat ini timnya tengah fokus menghadapi BRI Liga 1 dan tidak akan terpengaruh terhadap isu-isu tidak jelas di sosial media.

“Kami fokus kerja perbaiki performa PSIS biar kembali ke jalur papan atas, alhamdulullah saat ini PSIS makin kuat dan solid untuk menghadapi lanjutan kompetisi,” lanjut Yoyok Sukawi.

PSIS sendiri saat ini baru saja memperoleh tiga poin usai mengandaskan Persikabo 1973 dengan skor 3-2 melalui hattrick yang dicetak Riyan Ardiyansyah Jumat lalu.

Sosok Arthur Irawan

Melihat perjalan karir sepak bolanya, ternyat Arthur Irawan bukan pemain sembarangan. Dia tercatat pernah main di klub Spanyol.

Pemain yang memiliki nama lengkap Arthur Daniel Irawan ini 3 Maret 1993. Arthur Irawan merupakan pemain bola Liga 1 Indonesia dengan posisi bek di Persik Kediri.

Arthur Irwan mulai bermain sepak bola di Jakarta sejak berusia 7 tahun. Ia bermain untuk tim sepak bola universitas Jakarta Intercultural School.

Lalu dia bermain di Klub Spanyol RCD Espanyol. Arthur Irawan pun mulai main bola tahun 2011 di Inggris. Klub yang berbasis di Catalonia itu menawarkan uji coba selama dua bulan. Setelah tampil mengesankan di masa percobaan, Espanyol memberinya kontrak empat tahun dan kesempatan untuk berlatih di akademi mudanya.

Lalu pada tanggal 9 November 2011, Arthur Irawan secara resmi menandatangani kontrak dengan RCD Espanyol B, yang bermain di Segunda B, kasta ketiga sepak bola Spanyol. Dia berjuang untuk mendapatkan waktu bermain dengan delapan penampilan dalam tiga tahun.

Pada Januari 2014, Irawan memutuskan untuk pindah ke liga yang lebih rendah dan menandatangani kontrak dengan Málaga B yang bermain di Divisi Tercera, divisi keempat sepak bola Spanyol, setelah tiga tahun bermain untuk Espanyol B di Segunda B.

Pada musim panas 2014, Irawan bergabung dengan klub divisi satu Belgia Waasland-Beveren. Arthur Irawan akhirnya melakukan debutnya di Liga Pro Belgia di pertandingan terakhir mereka musim ini.

Dalam pertandingan ini, Waasland kalah 1-2 di laga kandang melawan KV Mechelen. Cedera mencegah Arthur Irawan untuk menemukan kesempatan lain untuk bermain untuk klub ini.

Setelah 3 tahun gagal tembus ke divisi utama liga Eropa, Arthur Irawan pulang ke Indonesia tahun 2017. Arthur Irawan bergabung dengan Persija Jakarta dengan kontrak satu tahun. Dia melakukan debutnya di Liga 1 2017 dalam pertandingan melawan Bhayangkara F.C yang berakhir dengan kemenangan timnya 1-0.

Setelah itu, Arthur Irawan pindah klub ke Borneo FC pada Agustus 2017. Di sana Arthur Irawan melakukan debut klubnya dalam kemenangan 4-2 melawan Persela Lamongan pada 19 Oktober 2017 sebagai pengganti Sultan Samma pada menit ke-79.

Kemudian Arthur Irawan pindah ke Persebaya Surabaya. Dia telah diberi nomor punggung 12. Di sana Arthur Irawan hanya main sekali.

Lagi-lagi Arthur Irawan pindah klub. Kali ini ke PSS Sleman. Kini Arthur Irawan masih bertengger di Persik Kedisi sejak November 2021. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini