Drama Piala Dunia Qatar 2022, Argentina Juara, Messi Pemain Terbaik, Siapa Pencetak Gol Terbanyak?

Timnas Argentina juara di ajang Piala Dunia Qatar 2022 seteleh mengalahkan juara bertahan Prancis di babak final, Minggu (18/12/2022) malam. ( foto instagram)

SIGIJATENG.ID – Drama babak final Piala Dunia Qatar 2022 berakhir dengan kegembiraan Timnas Argentina. Juara bertahan Prancis harus menyerahkan piala bergilir kepada Argentina setelah Prancis kalah di babak adupenalti atas Argentina dalam babak final yang digelar di Stadion Lusail, Minggu (18/12) malam WIB. Argentina menjadi kampiun usai mengungguli Prancis 3-2 pada adu penalti, menyusul hasil sama kuat 3-3 sampai perpanjangan waktu.

Argentina dipastikan sebagai juara Piala Dunia 2022. Ini adalah kali ketiga bagi Argentina menjadi Juara Piala Dunia. Kali kedua didapat 36 tahun lalu atau di Piala Dunia tahun 1986/1987.

Ketika itu Argentina yang diperkuat Diego Maradona mengandaskan Jerman Barat 3-2 dalam final Piala Dunia di Meksiko.

Sementara itu trofi Piala Dunia pertama yang dimenangi Argentina dicapai pada 1978. Argentina tampil sebagai juara di kandang sendiri dengan kemenangan atas Belanda 3-1 dalam babak perpanjangan waktu.

Kapten  Argentina Lionel Messi menyumbang dua gol Argentina, sedangkan satu lainnya terlahir dari kaki Angel Di Maria. Di kubu Prancis, Kylian Mbappe menciptakan hat-trick.

Jalannya babak final Argentina vs Prancis bikin deg-degan sepanjang laga.

Secara keseluruhan Argentina memenangi tiga trofi Piala Dunia dalam enam final.

Final pertama Argentina dicapai di edisi perdana Piala Dunia pada 1930. Namun, Argentina dipaksa menyerah oleh tuan rumah Uruguay 2-4 di final.

Argentina kemudian berhasil menjadi kampiun di final kedua dan ketiganya berturut-turut. Akan tetapi, Argentina dipaksa gigit jari oleh Jerman Barat usai takluk 0-1 di final keempatnya pada 1990.

Final kelima Argentina terjadi di 2014 pada Piala Dunia di Brasil. Akan tetapi, lagi-lagi Argentina mesti mengakui ketangguhan Jerman 0-1 dalam pertandingan sampai perpanjangan waktu. Sebelum akhirnya Argentina menjadi kampiun di Qatar 2022.

Dalam laga semalam, Argetina unggul 2-0 pada baba pertama. Penampikan Prancis di babak pertama memang sulit berkembang. Bahkan, laga baru berjalan 35 menit, Prancis sudah melakukan pergantian pemain.

Babak kedua, Prancis mencoba meningkatkan serangan. Al hasil, kejadian seperti saat melawan Belanda terulang.

Ketika pertandingan sekitar kurang 15 menit, Prancis berhasil mencetak gol. Tak berselang lama, Prancispun menyamakan kedudukan. Hasil 2-2 bertahan sampai laga  usai. Maka dilanjut dengan perpanjangan waktu.

Babak perpanjangan waktu kedua, Argentina melalui kaki Messi berhasil mencetak gol. Itu adalah gol ketujuh bagi Messi di gelaran Piala Dunia Qatar 2022.

Kedudukan 3-2 seakan-akan Argentina akan langsung berpesta pora. Namun ternyata kembali drama. Laga tinggal 2 menit, pemain Argentina melakukan hand ball di kotak penalty. Striker Prancis Mbappe sukses melakukan eksekusi penalty. Dan itu adalah gol kedelapan bagi Mbappe di ajang Piala Dunia Qatar 2022.

Jadi dalam laga semalam, antara Messi dan Mbappe juga bersaing untuk menjadi topskor dalam gelaran Piala Dunia 2022.

Dalam drama adu pinalti, Argentina keluar sebagai juara dengan unggul 4-2. Pasalnya, penembak kedua dan ketiga Prancis gagal melakukan tugasnya. Tembakan penembak kedua berhasil diblok kiper Argentina, tembakan penemak ketiga melenceng di sampiang gawang.

Sukses Argentina menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022 semakin manis buat Lionel Messi. Sang megabintang turut didapuk sebagai pemain terbaik turnamen itu.

Messi berhak atas penghargaan Golden Ball (Bola Emas) usai Argentina mengalahkan Prancis di final melalui adu penalti 4-2 (3-3). Penyerang sekaligus kapten Argentina itu memang tampil impresif di sepanjang turnamen ini.

Sebanyak tujuh gol plus tiga assist menandai kontribusi Messi dalam tujuh pertandingan Argentina. Itu berarti jumlah gol yang disumbangkan Messi hampir separuh dari total gol Argentina (15). Torehan Messi hanya kalah dari top skor Piala Dunia 2022 yang jatuh ke tangan bomber Prancis Kylian Mbappe dengan delapan gol dan dua assist.

Penyerang berusia 35 tahun itu cuma sekali tidak mencetak gol ketika Argentina mengalahkan Polandia 2-0 di fase grup (30/11). Messi tercatat selalu mencetak gol di enam pertandingan Argentina lainnya, termasuk menyarangkan dua gol ke gawang Prancis.

Golden Ball itu menandai trofi kedua Lionel Messi di dalam kariernya setelah meraihnya di Piala Dunia 2014. Namun, saat itu Messi harus puas dengan predikat runner-up usai Argentina ditekuk Jerman 0-1 di final.

Adapun penghargaan lainnya adalah Golden Glove (kiper terbaik) yang diberikan kepada Emiliano Martinez. Kiper Argentina itu membuat tiga clean sheet, dan menampilkan performa impresif di final. Martinez melakukan penyelamatan atas sepakan Randal Kolo Mouani di pengujung laga dan menepis sepakan Aurelien Tchouameni saat tos-tosan.

Sementara itu penghargaan pemain muda terbaik Piala Dunia 2022 jatuh kepada gelandang Argentina Enzo Fernandez. Pesepakbola berusia 21 tahun ini empat kali menjadi starter dalam tujuh penampilan untuk Argentina dengan sumbangan satu gol dan satu assist.

Daftar Pemenang Penghargaan di Piala Dunia 2022

Golden Ball: Lionel Messi (Argentina)

Silver Ball: Kylian Mbappe (Prancis)

Bronze Ball: Luka Modric (Kroasia)

Golden Boot: Kylian Mbappe (Prancis)

Silver Boot: Lionel Messi (Argentina)

Bronze Boot: Olivier Giroud (Prancis)

Golden Glove: Emiliano Martinez (Argentina)

FIFA Young Player Award: Enzo Fernandez (Argentina)

FIFA Fair Play Trophy: Inggris

SIMAK Catatan Argentina di final Piala Dunia :

1930: runner-up

1978: juara

1986: juara

1990: runner-up

2014: runner-up 2022: juara. (asz)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini