Amankan Nataru, 5 Gereja Besar di Kendal Poin Utama Pengamanan Libatkan Tim Jihandak Brimob Polda Jateng

Kapolres, Dandim dan Wabup Kendal melakukan cek kendaraan patroli usai Apel gelar pasukan pengamanan Nataru di halaman Mapolres Kendal, Kamis (22/12/2022). Foto : vian/sigijateng.id

Kendal (sigijateng.id) – Sebanyak 433 personel gabungan dari Polres Kendal, Kodim 0715 Kendal, dan Pemkab Kendal bersinergi siap memberikan pengamanan pada peringatan Natal 2022 dan perayaan malam tahun baru 2023.

Hal itu diungkapkan Kapolres Kendal AKBP Jamal Alam didampingi Dandim 0715 Kendal Letkol Inf Jenry Polii bersama Wabup Kendal Windu Suko Basuki disela Apel gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2022 di halaman Mapolres Kendal, Kamis (22/12/2022).

“Pengamanan Natal dan tahun baru yang dilaksanakan di Kendal menerapkan sinergitas antara kepolisian, TNI dan Pemerintah Kabupaten Kendal. Ada 433 personel gabungan dari Polres Kendal, Kodim 0715 dan Pemkab Kendal,” kata AKBP Jamal Alam.

“Pengamanan di tempat ibadah dan pusat keramaian menjadi poin utama dalam operasi candi lilin 2022 di Kendal,” imbuhnya.

Disampaikan, Operasi lilin candi 2022 akan berlangsung 11 hari mulai 23 desember 2022 hingga 2 januari 2023. Sebanyak 433 personel gabungan ini akan diterjunkan untuk mengamankan sekitar 40 gereja yang ada di 20 kecamatan se-kabupaten Kendal.

Dalam peringatan hari Natal dan pergantian tahun baru 2023 ini, lanjut AKBP Jamal, kepolisian bersama TNI dan pemerintah daerah juga mengamankan sejumlah pusat keramaian pada malam pergantian tahun.

“Sedikitnya ada 9 pos pam pelayanan terpadu yang disiapkan Polres Kendal diantaranya di alun-alun, rest area jalur dan perbatasan Weleri dan Kaliwungu,” jelas Jamal.

“Selain itu yang menjadi tugas pokok adalah pengamanan di tempat ibadah, serta 5 gereja besar di Kendal yang menjadi perhatian utama disamping gereja-gereja lainnya,” tambahnya.

Diketahui, Polres Kendal juga menyiapkan Tim Satgas Quick Respon sebagai upaya pengamanan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat agar nyaman selama libur natal dan tahun baru 2023.

Polres Kendal menghimbau semua lapisan masyarakat untuk juga ikut berperan aktif dalam rangka menjaga keamanan, sehingga tercipta suasana yang kondusif selama hari raya natal dan perayaan tahun baru.

Di Kesempatan yang sama, Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengatakan dengan sinergitas antara TNI, Polri dan pemerintah daerah diharapkan mampu mencegah terjadinya tindak kriminal tidak hanya pada perayaan Nataru saja.

“Pemkab Kendal terus mendukung dan bersinergi dengan jajaran kepolisian dan TNI dalam pengamanan Nataru. Petugas kita siapkan baik Dinas Perhubungan, Satpol PP hingga Linmas serta melibatkan masyarakat sehingga akan menjadi tanggungjawab bersama,” tandasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini