Terpilih Ketua IkA Unissula, Agus Ujianto Siap Wujudkan Rumah Sakit Tanpa Dinding

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitan Islam Sultan Agung (Ika Unissula) 2021-2026 dr Agus Ujianto MSi Med SpB saat dilantik oleh Rektor Unissula Drs H Bedjo Santoso MT PhD di Hotel Pessona Semarang, kemarin.

SEMARANG ( Sigijateng.id ) – Akhirnya dr Agus Ujianto MSi Med SpB terpilih menjadi Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Sultan Agung (Ika Unissula) periode 2021-2026. Pemilihan dan pelantikan pengurus berlangsung di Hotel Pessona Semarang.

Susunan pengurus (Dewan Tanfidziyah) DPP Ika Unissula terdiri Ketua Umum dr Agus Ujianto MSi Med SpB, Ketua Harian Helmy Hemilton SH MH. Sekretaris Jenderal H Ahmad Ridwan SE MM. Bendahara Umum H Muhamad Habibi ST MSi MKom. Wakil Bendahara Umum H Ahmad Salim SE, Dr Eka Handriani SE MM dan Eko Suryo Cahyono SH. Direktur Eksekutif Ady Fajar Putranto SE dan Sekretaris Eksekutif Wisnu Rusdiyanto SH. Pengurus dilengkapi ketua dan sekretaris bidang.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitan Islam Sultan Agung (Ika Unissula) 2021-2026 dr Agus Ujianto MSi Med SpB melantik pengurus di Hotel Pessona Semarang, kemarin.

Dalam pidatonya, Agus Ujianto mengatakan dirinya siap mendukung program pemerintah Jawa Tengah mewujudkan rumah sakit tanpa dinding. “Bersama sama dengan UVHC (Unissula Virtual Home Care), kami siap mewujudkan rumah sakit tanpa dinding, jadi rumah sakit tidak hanya mengobati tapi berupaya mencegah orang sakit,” kata Agus, Minggu (22/08).

Program Rumah Sakit Tanpa Dinding menjadi gebrakan inovasi yang dilakukan Pemprov Jateng. Program ini menjadi terobosan baru di bidang kesehatan, dalam menghapus sekat-sekat batasan warga masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan.

“Sesuai arahan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada saat launching UVHC sehari sebelumnya, kami siap berdiskusi dan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Jawa Tengah,” katanya.

Terlebih, menurut Agus saat ini memang sudah saatnya dukungan digital teknologi dimaksimalkan perannya untuk penanganan kesehatan masyarakat. “Era pandemi saat ini, mau tida mau dunia kesehatan harus berkembang secara digital,”ujarnya yang juga merupakan Ketua Umum Perhimpunan Kedokteran Digital Terintegrasi Indonesia (predigti).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambut baik peluncuran program Unissula Virtual Home Care (UVHC) untuk membantu dan mendampingi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri.

Menurut gubernur, ide-ide telemedicine seperti UVHC itu menjadi langkah yang bagus dalam kondisi pandemi saat ini.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memberikan sambutan dalam Webinar “Peran Perguruan Tinggi dalam Pandemi Covid-19 melalui Layanan Unissula Virtual Home Care (UVHC)” secara virtual di Rumah Dinas Puri Gedeh, Sabtu (21/8).

Ide-ide dengan teleconseling dan telemedicine ini harus digas lagi.

Saya sudah menyampaikan hal ini ke beberapa kampus dan memang belum semuanya bisa karena ada perbedaan ide dan gagasan,” kata Ganjar.

Gubernur menjelaskan, telemedicine seperti yang ada dalam program UVHC tersebut sesuai dengan program rumah sakit tanpa dinding yang ia gagas.

Yaitu dengan penggunaan teknologi sehingga masyarakat tidak harus datang ke rumah sakit dan bisa menyelesaikan persoalan sendiri atau self help dengan bantuan atau panduan dari dokter. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini