Semangat Hubbul Wathan Minal Iman, Bagian Cinta Tanah Air dengan Muktamar NU

Ketua Umum PBNU terpilih periode 2021-2026, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) saat memberikan pidato mengenai dua agenda besar yang akan dijalankan. (Foto: instagram NU online)

Jakarta (Sigi Jateng) – Bukti nyata Muktamar NU makin mengukuhkan semangat hubbul wathan minal iman atau mencintai Tanah Air adalah bagian dari iman. Wakil Ketua Organizing Committee Muktamar NU Ikhsan Abdullah mengapresiasi keseluruhan proses muktamar yang berlangsung pada 22-24 Desember 2021 di Lampung.

“Sukses Muktamar NU di Lampung menghasilkan berbagai keputusan untuk kebaikan umat dan peradaban serta semakin mengukuhkan hubbul wathan minal iman atau mencintai Tanah Air itu bagian dari iman,” kata Ikhsan, Sabtu (25/12/2021).

Pemilihan calon ketua umum digelar di GSG Universitas Lampung, Jumat (24/12/2021), dilalui melalui dua tahap penghitungan suara. Pada tahap pertama, KH Yahya Cholil Staquf atau disapa Gus Yahya dipilih 327 peserta muktamar.

Pada putaran kedua Gus Yahya kembali unggul jauh atas KH Said Aqil Siroj. Adapun perolehan keduanya masing-masing untuk Gus Yahya meraih suara 337 dan Kiai Said Aqil 210 suara. Menurut Ikhsan, sejak didirikan 1926, NU senantiasa menjunjung tinggi musyawarah.

NU juga menjaga kesantunan dan demokrasi dalam merumuskan semua tatanan kebijakan dan memilih pemimpin secara periodik. Suatu nilai dan prinsip-prinsip dasar yang wajib dijadikan contoh bagi pilar-pilar demokrasi dan piranti lainnya.

“Itulah demokrasi dan keterbukaan yang paling bermartabat yang dipelihara dan diperlihatkan NU melalui Muktamar ke-34 NU di Lampung,” ucap Ikhsan.

Wakil sekretaris jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyatakan pengorbanan dan kesetiaan NU sangat besar bagi keutuhan NKRI. Kiprah dan peran NU pun tidak perlu diragukan lagi.

Ikhsan juga menyampaikan kegembiraannya, karena di pengujung muktamar NU, umat Kristiani tengah merayakan Natal Tahun 2021.

“Jadi, ada dua kegembiraan sekaligus hari-hari ini yang menyertai. Pertama, kesejukan Muktamar NU. Kedua, kegembiraan saudara kita umat Kristiani yang sedang merayakan Natal, semoga penuh damai dan khidmat,” ujarnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini