Angkasa Pura 1 : Nataru Tahun ini, Penumpang Pesawat Naik 18% Dibanding Sebelumnya

Ilustrasi – Suasana penumpang di terminal salah satu bandara. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta (Sigi Jateng) – PT Angkasa Pura I (AP I) melayani 928.315 pergerakan penumpang pesawat di 15 bandara kelolaan sepanjang 17-23 Desember 2021 atau H-8 hingga H-2 Natal. Jumlah tersebut naik 18% dibandingkan periode yang sama tahun 2020.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi menjelaskan, perusahaan menyiagakan posko terpadu pemantauan angkutan Natal dan tahun baru (Nataru) di 15 bandara kelolaan.

Hal ini ditujukan untuk mengawal potensi peningkatan pergerakan arus penumpang serta untuk memastikan keamanan, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jasa bandara pada periode Nataru.

Selama tujuh hari penyelenggaraan posko, tercatat sebanyak 928.315 penumpang pesawat udara telah terlayani di 15 bandara kelolaan Angkasa Pura I. Dibandingkan dengan catatan pada periode yang sama di tahun 2020 lalu yang sejumlah 787.782 penumpang.

“Terdapat pertumbuhan penumpang sebesar 18% pada catatan di tujuh hari pertama penyelenggaraan posko Nataru di 2021 ini,” kata Faik dalam pernyataan resmi, Sabtu (25/12/2021).

Faik menyebutkan, PT Angkasa Pura I melayani pergerakan pesawat udara pada periode 17 hingga 23 Desember 2021 sebanyak 8.828 pergerakan pesawat atau turun 9% jika dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat di periode yang sama di tahun 2020 lalu yang sebanyak 9.713 pergerakan pesawat.

Hal yang sama juga terjadi pada pergerakan kargo yang dilayani AP I, dengan perbandingan 10.053.204 kg kargo terangkut pada periode 17 hingga 23 Desember 2021 dibanding 10.513.307 kargo pada periode yang sama di tahun 2020, terdapat penurunan sebesar 4%.

“Dengan mulai meningkatnya pergerakan penumpang, utamanya dibandingkan dengan catatan di tahun lalu, kami mengantisipasinya dengan pengetatan protokol kesehatan. Hal ini juga merupakan respon kami dalam mengantisipasi masuknya Covid-19 varian B.1.1.529 atau varian Omicron,” ucap Faik Fahmi.

Menurut Faik, Angkasa Pura I selaku pengelola bandara memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat di seluruh bandaranya dengan penyiapan personel yang berpatroli untuk melakukan pemantauan implementasi protokol kesehatan di area terminal.

Pembersihan fasilitas yang sering dipergunakan oleh penumpang di terminal, memastikan implementasi jarak minimal antar penumpang, serta memastikan ketertiban penumpang untuk menghindari penumpukan penumpang di sejumlah area. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini