Pedagang Bunga di Semarang Banjir Order Jelang Pelantikan Hendi-Ita

Karangan bunga yang akan digunakan sebagai ucapan selamat saat pelantikan Wali kota dan Wakil Wali kota Semarang terpilih, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Jelang pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang terpilih, Hendrar Prihadi dan Hevearita Gunaryanti Rahayu membawa berkah tersendiri bagi pelaku UMKM penjual karangan bunga di ibu kota provinsi Jawa Tengah. Omzet mereka naik berlipat-lipat. Dan itu bisa dilihat, pada Rabu pagi (24/2/2021) di sepanjang trotoar jalan Pemuda, dan Pandanaran Kota Semarang sudah berjajar karangan bunga berisi ucapan selamat kepada Hendi – Ita.

Salah pedagang bunga yang panen adalah Yulianingsih, pengrajin karangan bunga di kawasan Pasar Kembang Kalisari, Jalan dr. Soetomo, Kota Semarang. Dirinya mengaku adanya peningkatan order karangan bunga yang cukup signifikan untuk ucapan pelantikan pasangan kader PDI Perjuangan yang akrab disapa Hendi – Ita tersebut.

Yulianingsih mengungkapkan momen pelantikan Wali Kota Semarang menjadi berkah luar biasa baginya, mengingat selama masa pandemi Covid-19, pesanan karangan bunga menurun.

“Di masa pandemi ini sangat berpengaruh, khususnya waktu awal-awal pandemi misalnya karangan bunga untuk pernikahan atau ulang tahun banyak berkurang,” ceritanya. “Alhamdulillah untuk karangan bunga menjelang pelantikan pak wali sangat di luar perkiraan kami. Omsetnya luar biasa,” aku Yulianingsih sumringah, Selasa (24/2/2021).

Tak hanya Yulianingsih, lonjakan pesanan karangan bunga juga dirasakan pengrajin karangan bunga lainnya, Sri Ningsih. Dirinya menuturkan ikut merasakan kenaikan omset hingga 4 kali lipat, bahkan membuat tokonya sampai kelabakan hingga menolak pesanan yang masuk.

“Menjelang pelantikan pak wali ini omsetnya naik, kalau sebelum ini kan seminggu hanya 25 sampai 30 karangan bunga seminggu. Tapi sekarang bisa dapat 100 lebih. Semua ramai. Sampai Saya tolak-tolak,” cerita Ibu yang sudah puluhan tahun membuka usaha di pasar kembang Kalisari itu.

Kenaikan omset karangan bunga jelang pelantikan Wali kota dan Wakil Wali kota Semarang menurut perwakilan paguyuban pengrajin karangan bunga, Cucuk, dirasakan tidak hanya oleh satu dua pengrajin, tetapi merata hingga hampir satu pasar.

“Pedagang bunga ikut merasakan dampaknya pelantikan Wali Kota ini, mendapat orderan yang banyak, dan tidak hanya satu dua, tapi satu pasar merasakan semua,” tuturnya.

Cucuk pun menitipkan ungkapan terima kasihnya untuk Wali kota dan Wakil Wali kota Semarang terpilih, serta berharap keduanya dapat membawa Kota Semarang semakin Hebat. Sementara disinggung mengenai omset yang didapatkan jelang pelantikan, dirinya mengungkapkan bahwa dirinya pribadi juga merasakan kenaikan omset yang lebih dari hari biasa.

“Jauh dari biasanya. Ini luar biasa Alhamdulillah,” pungkasnya.

Sesuai rencana, pelantikan Wali kota dan wakil Wali kota hasil Pilkada serentak tahun 2020 yang semula dilaksanakan pada 17 Februari dipastikan akan digelar Jumat (26/2/2021) besok secara virtual. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya kerumunan massa sekaligus mentaati protokol kesehatan sebagai upaya mencegah persebaran Covid-19. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini