Tak Mau Kecolongan, Kapolres Blora Lakukan Tes Urine Anggota Hingga Ke Jajaran Polsek

Anggota Polres Blora mendadak di Tes Urine anggota hingga polsek, Rabu (24/2/2021) (foto:agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Terungkapnya kasus narkoba yang melibatkan Kapolsek Astanaanyar, Kota Bandung, Kompol Yuni Purwanti Kusuma Dewi bersama para anggotanya, membuat pihak kepolisian melakukan upaya pendisiplinan dengan menggelar Inspeksi Mendadak (sidak).

Seperti yang dilakukan di jajaran kepolisian Polres Blora, Polda Jawa Tengah. Tak mau kecolongan secara mendadak, Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK melakukan tes urine terhadap jajaran anggota Polres dan Polsek di wilayah Blora, Rabu (24/02/2021).

Hal tersebut merupakan upaya pencegahan terkait peredaran narkotika di lingkungan kepolisian.

Seusai apel pagi di halaman depan Mapolres Blora, anggota tidak boleh meninggalkan tempat apel. Secara tiba tiba petugas dari Si Propam, Urdokkes dan anggota Satres Narkoba Polres Blora mengeluarkan meja, kursi dan peralatan untuk tes urine terhadap anggota.

Seusai Kapolres memberikan arahan apel pagi, langsung Kasi Propam Ipda Hadi mengambil alih, dan mengarahkan anggota untuk berbaris rapi guna mengikuti test urine.

Kegiatan yang mendadak tersebut sempat mengagetkan anggota, bahkan ada salah satu anggota yang susah keluar urinnya mungkin saking karena kagetnya atau mungkin karena proses pengambilan urine di kawal dan ditunggui oleh anggota Provost Polres Blora, sehingga anggota tidak bisa main main ataupun menukar urinenya.

Usai melakukan tes urine kepada anggota yang berada di Mapolres Blora, AKBP Wiraga didampingi Kasat Resnarkoba AKP Hartono, langsung melakukan sidak ke Jajaran Polsek dan juga melakukan tes urine kepada semua anggota.

Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama,SIK mengungkapkan bahwa kegiatan tes urine kepada anggota ini adalah program rutin dalam rangka untuk meningkatkan kedisiplinan anggota.

Kapolres membeberkan, sebelum menertibkan masyarakat maka kita lakukan penertiban anggota, apalagi Narkoba menjadi salah satu atensi dari Kapolri.

“Kedisiplinan anggota, salah satunya adalah tentang Narkoba menjadi salah satu program Bapak Kapolri, untuk itu Polres Blora melaksanakan tes urine secara dadakan dan berkala, dimana untuk Polsek jajaran juga akan kita laksanakan,” Ujar Kapolres Blora.

Masih tambah Kapolres, dalam hal penindakan kasus penyalahgunaan narkoba, Polres Blora tidak akan tebang pilih, baik masyarakat umum ataupun anggota Polri jika terlibat kasus tersebut akan ditindak dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kita tidak akan menutup nutupi, jika ada anggota yang terlibat narkoba maka akan kami proses,” tambah AKBP Wiraga.

Sementara itu Kasat Resnarkoba AKP Hartono,SH,MH menyampaikan bahwa dalam tes urine kali ini melibatkan Si Propam, Ur Dokkes dan Satnarkoba Polres Blora sehingga jika ada anggota yang terindikasi positif bisa langsung ditindaklanjuti. Bahkan dalam tes urine tersebut digunakan sebuah alat Test kit Narkoba yang bisa mengetahui secara cepat hasil tes urine seseorang.

“Jadi dalam tes urine ini kita gunakan test kit narkoba, dimana bisa langsung diketahui hasilnya. Namun demikian jika ditemukan anggota yang terindikasi positif, akan kita kirimkan hasil tes urinenya ke Laboratorium Forensik untuk ditindaklanjuti lebih lanjut,” kata Kasat Resnarkoba.

Adapun hasil tes urine yang telah dilakukan tidak ada anggota yang terindikasi mengkonsumsi narkoba.(Agung)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here