Pandemi Covid-19, 1.163 Wisudawan Unnes Ikuti Prosesi Wisuda Secara Daring.

Suasana wisuda Universitas Negeri Semarang (UNNES). (Dok.)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Universitas Negeri Semarang (UNNES) menggelar upacara wisuda ke-106 program Doktor, Magister, Profesi, Sarjana, serta Diploma. Acara tersebut digelar secara daring dan luring terbatas dengan protokol kesehatan di Auditorium UNNES Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Rabu (16/6/2021).

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt mengatakan wisuda ke-106 ini meluluskan 1.163 wisudawan dengan rincian 51 orang Doktor, 175 orang Magister, 918 orang Sarjana, 15 orang Diploma.

Prof Dr Zaenuri menambahkan, pada wisuda periode ini, UNNES meluluskan wisudawan terbaik di masing-masing fakultas. Wisudawan terbaik diperoleh oleh Riska Andriati dari Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,94.

Dalam kesempatan ini, Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum memberikan pesan kepada wisudawan agar meneladani sikap dan karakter tokoh yang memilikan andil besar dalam pendirian UNNES yakni Ir Soekarno.

“Ir Sukarno adalah salah satu tokoh yang memiliki jasa paling besar dalam pendirian IKIP Semarang atau kini Universitas Negeri Semarang. Beliau merupakan pemikiran yang inspiratif, pejuang kemerdekaan yang gagah berani, intelektual dengan pemikiran luas dan kaya, pribadi dengan karakter unggul, dan teguh menjaga cita-cita. Oleh karena itu, kita yang berkhidmat sebagai mahasiswa, tenaga kependidikan, dan sebagai dosen di Universitas Negeri Semarang adalah anak cucu ideologis yang punya kewajiban moral untuk mengaktualisasi pemikirannya,” tutur Prof Fathur Rokhman.

Selain itu, Prof Fathur menyebutkan, di antara karakter unggul yang ada, karakter unggul Ir Sukarno yang sangat relevan dengan wisudawan adalah karakternya sebagai intelektual.

Prof Fathur menambahkan, karakter intelektual tersebut dapat diadaptasi dalam konteks sekarang dengan menjadi pribadi solutif.

“Dalam situasi seperti itu, saya berharap saudara wisudawan dan wisudawati dapat hadir sebagai pemberi solusi. Dengan pengetahuan dan karakter unggul yang saudara miliki, saya percaya saudara bisa mengemban amanah itu,” pungkas Prof Fathur. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini