PA 212 Ngotot akan Gelar Reuni, Polisi Tetap Tidak Berikan Izin

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. Foto: Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – – Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan memberikan izin untuk reuni Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang dikabarkan tetap digelar di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (2/12/2021).

“Polda Metro tidak mengeluarkan izin,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan saat dikonfirmasi, pada Rabu (1/12/2021).

Diketahui, reuni PA 212 akan dipusatkan di dua lokasi yang berbeda, yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha dan Masjid Az-Zikra, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Dikatakan, Polri memiliki tugas mengatur ketertiban masyarakat. Selain itu, ia menyebut bahwa keselamatan masyarakat adalah yang utama.

“Polri mengatur ketertiban masyarakat berdasarkan aturan dan hukum yang berlaku karena keselamatan masyarakat adalah yang utama,” ucapnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga menyarankan agar reuni 212 yang direncanakan digelar di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor, agar tidak dilaksanakan dulu mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19.

Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil secara pribadi tetap menyarankan kegiatan ini tidak dilaksanakan dulu, karena situasi masih dilanda pandemi Covid-19.

Akan tetapi, apabila tempat pelaksanaannya di ruang pribadi, maka pihaknya mengembalikan kepada yang terkait (penyelenggara).

“Saya sih pertama tetap menyarankan tidak dilakukan dulu karena situasi masih pandemi, kira-kira begitu,” jelas Emil di sela meninjau alun-alun Kota Bogor, Selasa (30/11/2021).

“Tapi kalau dilaksanakan di ruang pribadi itu hak pribadi ya. (Baru) kalau dilaksanakan di alun-alun atau fasilitas publik kita tolak atau tidak ada rekomendasi dari kami, karena situasi masih belum aman,” ujarnya.,

Sebelumnya, Ketua Panitia Reuni PA 212, Eka Jaya menjelaskan, kegiatan dilaksanakan di dua lokasi berbeda yakni Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat dan Masjid Az-zikra, Sentul, Bogor. Hal itu ditetapkan berdasarkan saran dan masukan dari tokoh agama dan ulama.

Reuni 212 yang bertajuk Aksi Super Damai di Patung Kuda rencananya dilakukan pada pagi hari, mulai pukul 08.00-11.00 WIB. Di Masjid Az-zikra, Sentul, Bogor akan dilaksanakan acara Silaturahmi dan Dialog 100 Tokoh, mulai pukul 12.30-15.30 WIB. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini