Niatnya Berobat, Pemuda ini Tewas Ceburkan Diri ke Aliran Sungai Kalikuto

Tim SAR Gabungan mengevakuasi korban di aliran sungai Kalikuto, Gringsing Batang, Senin (27/12/20210. (Foto : Dok. Humas Basarnas)

Batang (Sigi Jateng) – Baru saja menjalani pengobatan, seorang pemuda mendadak menceburkan diri ke aliran Sungai Kalikuto, Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang. Diperoleh informasi, korban sebelumnya memiliki sakit sawan.

Diketahui korban bernama Ismail (18) warga Desa Gintung, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Dia dilaporkan hanyut di Sungai Kalikuto pada Sabtu (25/12/2021) lalu.

Dilansir dari pers rilis dari Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menyampaikan bahwa peristiwa nahas tersebut bermula saat keluarga mengantarkan korban berobat menuju Kecamatan Gringsing, yang kebetulan berdekatan dengan aliran Sungai Kalikuto.

“Korban mempunyai riwayat penyakit sawan. Setelah pengobatan sekitar pukul 17.00 WIB, dia berlari menuju Sungai Kalikuto. Pihak keluarga sudah mencegah namun korban berontak dan langsung menceburkan diri ke aliran sungai Kalikuto,” kata Heru, Senin (27/12/2021).

Atas informasi tersebut, satu tim rescue dikerahkan ke lokasi kejadian untuk operasi pencarian dan pertolongan. Mereka juga disertai alat SAR air, termasuk perahu karet untuk memudahkan proses evakuasi.

Disampaikan Heru, selama proses pencarian dan pertolongan dilakukan dengan metode susur sungai dengan perahu karet. Operasi pencarian tim SAR gabungan dibagi menjadi tiga Search Rescue Unit (SRU).

“SRU 1 penyisiran menggunakan perahu karet dari tempat kejadian ke arah utara sejauh 3 kilometer, SRU 2 penyisiran menggunakan perahu karet ke arah muara, dan SRU 3 melaksanakan penyisiran darat dari penyebrangan ke arah utara sejauh 2 kilometer,” terang Heru. .

Setelah dilakukan upaya pencarian oleh tim SAR gabungan selama tiga hari, korban berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jarak dari tempat kejadian sekitar tiga kilometer, selanjutnya korban dibawa ke Rumah Sakit Islam (RSI) Weleri Kabupaten Kendal.

“Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai. Terima kasih atas pelaksanaan operasi, selanjutnya tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing,” tandasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini