Jalan Desa Timbulsoko Rusak Kena Abrasi, Tim Kemanusiaan Open Donasi

Poster. (Dok.)

DEMAK (Sigi Jateng) – Menyambut Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2021, Tim Solidaritas Kemanusiaan membuka open donasi untuk membangun akses jalan yang tengggelam akibat abrasi berkepanjangan di Dukuh Timbulsoko Desa Timbul Soko Kecamatan Sayung Kabupaten Demak.

Tim Solidartias Kemanusiaan itu terdiri daru Persaudaraan Perempuan Nelayan Indonesia (PPNI), Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA), Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan (LBH APIK) Semarang, Puspita Bahari, Yayasan Paralegal Pertiwi, bersolidaritas untuk akses jalan Dukuh Timbulsloko.

Abrasi tersebut mulai menghantam Desa Timbulsoko pada tahun 2010, sampai saat ini Timbulsloko semakin tenggelam, dan warga kehilangan matapencahariaanya sebagai petani, petambak dan aktifitas lain yang terganggu karena dampak dari abrasi sawah, tambak mereka rata dengan air laut.

Masnuah, koordinator tim mengatakan seluruh kehidupan masyarakat yang tinggal di kawasan ini sangat memprihatinkan karena setiap hari terancam abrasi yang berasal dari perairan utara Jawa.

“Ada sejumlah sekitar 170 KK warga Dukuh Timbulsloko masih bertahan hidup di genangan air laut,warga menjalani kehidupanya sehari-hari beradaptasi dengan lingkungan yang terjadi saat ini, dengan meninggikan rumah dan jalan secara swadaya,” ucapnya, Selasa (2/3/2021).

Masnuah mengatakan, mulai tanggal 12 Februari 2021 warga Timbulsoko mulai membangun jalan yang menjadi akses satu-satunya masuk kampung, pembangunan jalan tersebut hasil iuran warga.

“Sudah dua Minggu ini warga Timbulsoko bergotong royong membangun jalan, karena keterbatasan dana, jalan yang di bangun dari kayu dengan lebar 1,30 cm dan sepanjang jalan kampung tersebut baru jadi 60% dan masih kurang 40 %, dari hambatan pembangunan jalan tersebut maka kami membuka open donasi untuk membantu warga Timbulsoko,” ujar Masnuah .

“Selain itu kami tetap mendesak pemerintah untuk segera hadir memulihkan desa-desa pesisir di Indonesia yang telah dan tengah tenggelam dari dampak krisis iklim sebagaimana yang terjadi di desa-desa di Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak ini,” pungkasnya.

Masnuah mengatakan durasi waktu donasi telah dibuka sejak tanggal 1 maret 2021 dan akan ditutup tanggal 7 Maret 2021. Donasi dapat dikirim melalui Rekening Bank BRI atas nsma Yayasan Paralegal Pertiwi – 0016 01 000798 56 7 Kontak person atas nama Masnuah – 085225985110. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini