Gelombang Covid-19 Ketiga Diprediksi Muncul di Akhir Tahun 2021, Begini Upaya Kemenkes

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi. Foto : Istimewa

Jakarta (Sigi Jateng) – Di akhir tahun 2021 nanti, gelombang ketiga Covid-19 diprediksi akan muncul kembali di Indonesia. Potensi gelombang Covid-19 ini kemungkinan terjadi pada saat pasca libur panjang Natal dan Tahun baru.

Untuk menghadapi gelombang Covid-19 tersebut, masyarakat tentunya tetap diimbau untuk bersiap dan melakukan upaya pencegahan sejak dini.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan masyarakat wajib dan harus belajar dari gelombang kedua Covid-19 yang terjadi pada Juli 2021.

“Tentunya terkait kesiapan dan kebutuhan sarana juga sudah ditambah. Termasuk seperti penambahan oksigen, generator di rumah sakit, tabung oksigen, ventilator, serta obat-obatan Covid-19,” kata dr. Siti, Senin (18/10/2021).

Meski demikian persiapan untuk menghadapi gelombang ketiga Covid-19, tidak hanya dari kesiapan sarana. Harus ada sistem penguatan yang harus ditekankan pada bagian hulu, salah satunya adalah protokol kesehatan (prokes).

“Di hulu penguatan protokol kesehatan melalui PeduliLindungi, terus melakukan  tes dan tracing serta penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level sebagai indikator respons terhadap pandemi Covid-19,” katanya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini