Ganjar Sebut 8 Daerah di Jateng ini jadi Zona Merah Corona. Mana Saja?

Ganjar Pranowo menunjukkan grafik zona Merah Corona di Jateng. Foto : Humas Jatengprov

Semarang (Sigi Jateng) – Setelah kasus Covid-19 di kabupaten Kudus menjadi sorotan lantaran angka lonjakan yang sangat drastis hingga menjadikan zona merah. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyebut ada 8 daerah zona merah saat ini.

“Selain Kudus ada lagi 7 daerah di Jawa Tengah yang kini masuk zona merah Corona. Yakni Jepara, Pati, Demak, Grobogan, Sragen, Brebes, dan Tegal,” kata Ganjar Pranowo usai penanganan COVID-19 di kantornya, Jalan Pahlawan, Kota Semarang, Senin (7/6/2021).

“Yang Brebes itu sudah nularin Kabupaten Tegal, lalu yang Kudus ternyata merembet juga. Yang Kudus ini merembetnya satu kelompok, jadi nampaknya kok terkonfirmasi ya,” sambung Ganjar.

Ganjar meminta, untuk delapan daerah itu agar ruang isolasi dan ICU ditambah. Jika tidak bisa, maka diminta segera melapor sehingga Pemerintah Provinsi Jateng bisa memberikan bantuan.

“Saya minta dalam waktu 2 hari ini mereka sudah lapor kepada kita tambahannya berapa sehingga kita bisa bantu. Saya minta kabupaten/kota tidak boleh inward looking harus forward looking. Artinya lihat kiri kanan bahwa mereka butuh pertolongan,” terang dia.

“Jadi nggak boleh egois. Kalau di kabupaten/kota ini kalau sakit nggak boleh ke sana (berobat keluar kota) kan kasihan. Kita harus menolong, seperti Semarang sudah lakukan itu. Pati juga sama tadi laporkan, ‘kami kan terima dari kiri kanan, Pak’. Bagus, ganjarane banyak,” lanjut Ganjar.

Terkait kasus Corona di Jateng hingga saat ini, Ganjar pun memaparkan ada 10.297 kasus aktif. Kemudian untuk yang dirawat ada 5.420 pasien dan yang isolasi ada 4.878 orang.

“Jadi kasus aktifnya di Jawa Tengah 10.297. Ini 4,92 persen dari total kasus yang ada. Nah ini meningkatnya 14,16 persen pada hari ini. Dirawat 5.420, ini 52,64 persen dari kasus aktifnya, meningkatkan 13,91 persen. Yang isolasi 4.878, ini 47,36 persen dari kasus aktif dan ini turun malahan 14,43 persen,” papar Ganjar.

Mengenai ketersediaan tempat tidur atau bed milik Pemprov Jateng, kata Ganjar, sudah terisi 51,87 persen kuota tempat tidur ICU. Sedangkan tempat isolasi sudah terisi 58,35 persen. “Di ICU terpakai ada 597, tersedia masih 554. Tempat tidur isolasi terpakai 4.541 dan tersedia 3.212,” pungkasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini