Duh, Tiga Kelas di Jepon Blora Ambruk, Ini Penyebabnya

Tiga bangunan kelas di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Jepon, tiba-tiba ambruk, Rabu (10/11/2021) (Foto : agung/sigijateng)

BLORA (Sigi Jateng) – Bangunan Sekolah di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Jepon, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora, Jawa Tengah tiba-tiba ambruk Selasa (9/11) pagi.

Beruntung ambruknya 3 kelas tak ada siswa yang menjadi korban dalam kejadian ini.

Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati saat tiba di lokasi mengatakan, ambruknya bangunan itu disebabkan karena kayu di bagian atapnya keropos dan rapuh.

“Tadi saya dan Dinas Pendidikan sudah cek lokasi. Ada 3 lokal sekolah yang ambruk, kelas 4,5 dan 6 kayunya keropos. Yang kelas 6 sudah rapuh,” ungkap mbak Etik sapaan akrabnya, Rabu (10/11/2021).

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Hendi Purnomo membenarkan kejadian itu, pihaknya sudah mendata dan sesuai petunjuk wakil bupati anggara perbaikan akan diusulkan di 2022.

“Ya, tadi kita sudah cek, bagian sarpras sama bidang pembinaan sudah ke sana, ya itu kan karena sudah aus. Rencana (anggaran) kita ajukan di 2022, tadi Bu Wakil (Wabup) juga sudah perintah, dan cek langsung,” kata Hendi.

Sementara Kepala Sekolah SD Negeri 4 Jepon, Siti Khotimah saat dihubungi mengatakan bangunan itu memang sudah lama, dan kebetulan dua minggu lalu sudah tidak digunakan sehingga tidak ada.

“Yang pasti bangunanya sudah lama, dan sudah dua minggu ini tidak digunakan karena sudah ada tanda-tanda,” katanya.

Menurutnya, awalnya yang ambruk bangunan kelas 6, namun karena keras efeknya merembet di kelas 4 dan lainya.

Karena dua minggu ini menggelar pendidikan tatap muka (PTM) terbatas, maka untuk kelas 6 masuk siang bergantian dengan kelas 3.

“Tadi kok ndilalah (kebetulan) anak-anak tadi melihat ada tanda-tanda, bunyi kretek-kretek mereka lari. Dan pukul 07.15 WIB. Anak-anak kita suruh pulang,” tuturnya.

Menurut Siti, bangunan itu dibangun sejak 1982, sudah pernah direhap ringan dibagian depan, namun dibagian dalamnya sudah keropos.(Agung)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini