Bangun Command Center Wujudkan Smart City, Pemkab Kendal Gandeng Pemkab Batang

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dengan menggandeng pemerintah kabupaten Batang yang merupakan daerah bersebelahan melalui kerjasama pembangunan Command Center dengan ditandai adanya penandatanganan MoU, Jumat (12/3/2021).

Kendal (Sigi Jateng) – Percepatan pembangunan di bidang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadi target Pemerintah Kabupaten Kendal dalam upaya menyempurnakan Kabupaten Kendal menjadi Smart City.

Hal itu dilakukan Bupati Kendal Dico M Ganinduto dengan menggandeng pemerintah kabupaten Batang yang merupakan daerah bersebelahan melalui kerjasama pembangunan Command Center dengan ditandai adanya penandatanganan MoU, Jumat (12/3/2021).

Dico M Ganinduto mengatakan upaya ini sebagai langkah gerak cepat menjadikan Kabupaten Kendal smart city di bidang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi. “Kami berusaha mewujudkan hal itu melalui Command Center yang dinilai perlu bagi warga Kendal,” kata dia.

Terkait hal itu, Dico sebelumnya juga telah menyampaikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kendal untuk tidak takut dalam hal bersinergi dengan pemerintah daerah lain. Utamanya adalah demi kepentingan kemajuan Kabupaten Kendal.

“Maka dari itu, kami upayakan yang terbaik. Hal ini juga sudah saya sampaikan kepada OPD untuk tidak takut bersinergi dengan pemerintah dearah lain. Sebab tujuan utamanya demi kemajuan Kabupaten Kendal,” tutur suami artis Chaca Frederica ini.

Dalam pembangunan Command Center dan Mal Pelayanan Publik ini, lanjut Dico, ada beberapa point penting yang akan diterapkan di Kabupaten Kenda agar menjadi lebih baik lagi.“Terlebih semuanya sudah menjadi percontohan bagi beberapa daerah lain,” ujar Dico.

Melalui MoU dengan Pemerintah Batang, selanjutnya Bupati akan segera menindaklanjuti bersama OPD terkait dengan melakukan persiapan. Mulai dari tenaga teknis hingga pada sarana dan perangkat pendukung lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kendal, Wiwit Andariyono mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan tim teknis dan komunikasi dengan pihak Diskominfo Batang, yang telah berjalan, sampai nanti pada tahap penyusunan konsep.

“Rencana di tahun 2021 ini, kita sudah mulai secara bertahap pembuatan Command Center meski belum pada pelaksanaan belum maksimal. Terlebih anggaran untuk itu, sebenarnya belum ada. Di tahun 2022 nanti harapannya sudah bisa kita realisasikan sesuai target Bupati,” jelasnya.

Pihaknya mengakui terkait Command Center yang ada di Kabupaten Batang, dinilai hampir semuanya sudah ada di Kabupaten Kendal. “Di Kendal informasinya sudah ada, tapi belum seluruhnya terintegrasi dengan Kominfo Kendal. Nantinya, tugas kita akan integrasikan seluruh informasi melalui satu pintu,” tandasnya. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini