Asah Skill Ilmu SAR, 26 Relawan di Batang Semangat Ikuti Ajang Rescue Challenge

Peserta rescue challenge semangat dan antusias ikuti lomba asah skill berbagai ilmu teknik SAR yang digelar di halaman Kecamatan Limpung, Rabu (31/3/2021).

Batang (Sigi Jateng) – Sebanyak 26 anggota relawan Batang Rescue (Batres) mengikuti ajang Rescue Challenge yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Limpung, Rabu (31/3/2021). Para peserta begitu semangat dan antusias mengikuti kegiatan yang dilombakan tersebut.

“Iya kegiatan ini dalam upaya meningkatkan skill dan potensi SAR para relawan. Sehingga begitu terjun di lapangan mereka siap sedia sesuai kemampuan yang telah dimiliki,” ujar Arif Muttaqin, Komandan Batres.

Arif mengungkapkan dalam kegiatan ini lebih ditonjolkan pada High Angle Rescue Technique atau pertolongan di medan ketinggian. Ada 6 (enam) yang dilombakan yakni Mechanical Adventure System, Loring, Ascending/ Descending, Anchoring system dan simpul tali temali.

“Jadi untuk penilaian skill ini secara person, meski pada prakteknya nanti dilakukan secara Tim. Sehingga masing-masing person memiliki kemampuan tersebut dan baru dianggap kompeten di bidang High Angle Rescue Technique,” bebernya.

Arif berharap dengan adanya challenge ini, semua peserta bisa memiliki semangat dan termotivasi dalam disiplin ilmu SAR khususnya di high angle rescue technique. “Rencananya kami akan melakukan challenge lagi seperti water rescue, underwater rescue dan masih banyak lagi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pelaksana BPBD Batang, Ulul Azmi AP MM mengatakan Vertical rescue merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki personel tim SAR dan melibatkan komunitas relawan di Batang.

“Mengingat dalam beberapa kasus, baik kecelakaan maupun bencana, membutuhkan kemampuan itu,” terang dia.

Sementara itu, Camat Limpung Dwi Irianto menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta rescue challenge dan pihak terkait maupun pihak lain yang telah berpartisipasi turut membantu terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi rekan-rekan relawan Batres yang terus memiliki semangat mengasah kemampuan skill ilmu SAR dalam upaya misi kemanusiaan. Harapannya kegiatan ini rutin dilakukan dan semakin banyak yang mengikutinya,” tandasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini