Wantim MUI Pusat Serukan Pemilu 2019 Damai dan Beradab

Prof Dr Din Syamsudin (dua dari kanan) saat memimpin rapat pleno bertajuk mewujudkan pemilu damai, berkulitas dan beradab. ( foto istimewa)

SIGIJATENG.ID, Semarang – Jelang tiga minggu pelaksanaan Pemilu 2019, Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Pusat menyerukan pentingnya penyelenggaraan Pemilu 2019  berjalan secara damai, berkualitas, dan beradab.  Selanjutnya, menolak setiap munculnya gejolak dan gelagat yang berpotensi mengadu domba umat Islam. Oleh karenanya, Wantim MUI mengajak semua masyarakat untuk ikut mengawal proses Pemilu 2019 agar menjadi pemilu pemersatu bangsa.

Hal tersebut merupakan salah satu butir dari enam butir  hasil rapat pleno ke 37, Rabu (27/3/2019) di Jakarta yang dituangkan dalam tausiyah tertulis yang ditanda tangani Ketuanya Prof Dr HM Din Syamsudin MA dan Sekretaris Prof Dr KH Noor Achmad MA.

Wantim MUI yang terdiri dari ulama, zuama, cendekiawan muslim dan ormas Islam tingkat pusat, menyampaikan keperihatinan akan gejala dan gelagat dalam kehidupan bangsa dengan munculnya perseteruan, perselisihan, dan perbedaan pendapat menajam yang berpotensi memunculkan perpecahan bangsa.

“Dewan Pertlmbangan MUI mendorong terselenggaranya Pemilu 2019 yang damai, berkualitas, berkeadilan, dan berkeadaban,” tegas Din Syamsudin.

Wantim MUI Pusat juga menyeru kepada penyelenggara Pemilu yaitu KPU, Bawaslu serta lembaga penegak hukum untuk menyelenggarakan Pemilu dengan sebaik-baiknya sesuai hukum dengan menampilkan diri sebagai wasit yang adil.

Butir selanjutnya, menyeru kepada rakyat pemilih khususnya umat Islam untuk menggunakan hak pilihnya sebagai manivestasi tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. “Memilih pemimpin sebagai kewajiban kebangsaan dan keagamaan sekaligus,” katanya.

Wantim MUI berpesan kepada seluruh masyarakat pentingnya meningkatkan kecerdasan politik agar pemilu berkualitas dan memilih pemimpin sesuai hati (qalbu-red) dan wawasan yang mendalam yaitu lndonesia yang berkeadilan, berkemajuan, dan berkemakmuran di bawah naungan ridha Allah Swt. Wantim MUI juga menyeru umat Islam untuk terus berdoa kepada Allah Swt agar bangsa Indonesia diberi kekuatan lahir batin terhindar dari petaka perpecahan dan permusuhan. (aris)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini