Tim KKN Undip Kenalkan Pestisida Ramah Lingkungan kepada Warga Pegundan

Mahasiswa KKN Tim I Undip beserta Kepala Desa dan Warga Desa Pegundan yang mengikuti Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Ramah Lingkungan untuk Perawatan Tanaman

SIGIJATENG.ID, Pemalang – Sembilan mahasiswa UNDIP diterjunkan di Desa Pegundan Kecamatan Petarukan Pemalang untuk melakukan program kuliah kerja nyata (KKN).

Mereka sudah terjun mulai awal tahun 2019. Sebanyak sembilan mahasiswa tersebut berasal dari empat fakultas, yakni dari Fakultas Kedokteran, Chynthia Wulan Gusti (Ilmu Gizi) dan Dina Fitria Amalia (Ilmu Keperawatan); dari Fakultas Teknik, Muhammad Wardana (Teknik Perkapalan), Naila Luthfi Muna (Teknik Kimia), dan Bangkit Arya Sandi (Teknik Sipil); dari Fakultas Sains dan Matematika, Ilham Nugroho Hening (Informatika); dan dari Fakultas Ilmu Budaya, Naila Ma’aliya (Bahasa dan Kebudayaan Jepang), Michael Advendri Pradipta (Sastra Inggris), dan Tiara Hasna Salsabila (Ilmu Perpustakaan).

Dalam melaksanakan kegiatan KKN mahasiswa diwajibkan membuat dua program sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Salah satunya adalah program yang dilakukan di Desa Pegundan Kecamatan Petarukan  yakni Pelatihan Pembuatan Pestisida Nabati Ramah Lingkungan untuk Perawatan Tanaman yang dilakukan oleh Mahasiswa Teknik Kimia, Naila Luthfi Muna.

“Program ini dilakukan untuk mengolah limbah ampas jahe merah agar bernilai ekonomi tinggi, serta mengenalkan pada petani, pestisida berbahan organik yang lebih ramah lingkungan,” terang Naila Lathfi Muna, anggota tim KKN.

Desa Pegundan terkenal akan produk olahan jahe merahnya, sehingga dapat dengan mudah ditemui limbah ampas olahan tersebut.

Program tersebut dilaksanakan pada Sabtu 2 Februari 2019 di balai desa setempat. Acara dihadiri oleh Kepala Desa Pegundan, Sutrisno, Sekretaris Desa, Kisnadi, serta warga desa yang bekerja sebagai petani sebanyak 15 orang.

Kepala Desa Pegundan, Bapak Sutrisno memberikan sambutan

“Program ini bertujuan untuk menekan biaya yang dikeluarkan oleh petani dengan kualitas yang sama, sehingga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Pegundan,” kata Kepala Desa Pegundan Sutrisno.

Kegiatan dilakukan dengan memaparkan materi pembuatan pestisida nabati, dilanjutkan dengan pengenalan produk jadi pestisida. Warga antusias bertanya mengenai kelebihan dan efek yang ditimbulkan dengan penggunaan pestisida nabati tersebut.

Diharapkan dengan adanya program tersebut dapat membantu petani menekan biaya pengeluaran dengan memanfaatkan limbah dan mengurangi dampak penggunaan pestisida kimia terhadap lingkungan.

Asal tahu, Sebanyak 2.512 mahasiswa Universitas Diponegoro disebar di 10 Kabupaten di Jawa Tengah, pada awal tahun 2019 guna melakukan program kuliah kerja nyata (KKN).

KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan multidisipliner  pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Mereka diterjunkan di Kabupaten Kendal, Pekalongan, Pemalang, Batang, Temanggung, Semarang, Pati, Grobogan, Jepara, dan Rembang.  (*)

Berita dan Foto : Tim KKN Desa Pegundan

Editor : Aris Syaefudin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini