Satgas TMMD Sengkuyung Tahap 1 Sosialisasikan Pentingnya Jamban dan Sanitasi

Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang menggelar Penyuluhan Program Jambanisasi dan sanitasi di balai desa Jambangan Kecamatan Bawang, Selasa (12/3/2019).

SIGIJATENG.ID, Batang – Tingkatkan kesejahteraan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang bersih, sehat serta terciptanya masyarakat yang sadar akan bahaya penyakit yang ditimbulkan akibat BAB sembarangan, Satgas TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang menggelar penyuluhan program jambanisasi dan sanitasi.

Kegiatan sosialiasi penyuluhan jambanisasi dan sanitasi kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Batang serta diikuti warga masyarakat dan kader mitra kesehatan tersebut digelar di Balai Desa Jambangan Kecamatan Bawang, Selasa (12/03/19).

Penyuluh dari Dinas Kesehatan Batang, Widyatmoko menyampaikan kebiasaan membuang hajat sembarangan, jelas tidak baik untuk kebersihan lingkungan hidup. Sebab bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan seperti diare, penyakit kulit, disentri dan sebagainya.

“Banyak warga masyarakat yang hidup dalam keluarga yang tidak memiliki sarana sanitasi yang baik, sehingga banyak warga membuang hajat di sungai, sawah maupun ladang, dan ini tidak baik. Dari data kesehatan, kotoran manusia mengandung bakteri e-coli yang bisa menimbulkan berbagai macam penyakit berbahaya,” terangnya.

Dijelaskan, tujuan utama dari program jambanisasi ini adalah untuk mendidik masyarakat desa agar lebih mementingkan kesehatan. Terciptanya masyarakat yang sadar akan bahaya penyakit yang ditimbulkan akibat buang air sembarangan.

“Serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa baik yang miskin atau kurang mampu khususnya,” jelasnya Widyatmoko.

Dirinya mengungkapkan, dalam indikator kemiskinan yang dirilis BPS menyebutkan, bahwa salah satu indikator kemiskinan adalah tidak adanya sarana pembuangan air besar yang dimiliki rumah tangga, seperti rumah tangga pada umumnya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang, Letkol Kav. Henry Rudi Judianto Napitupulu melalui Kapten Inf Sumargiyono menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi dan penyuluhan ini merupakan rangkaian kegiatan TMMD Sengkuyung I Tahun 2019 Kodim 0736/Batang dengan sasaran program non fisik.

“Harapannya dengan penyuluhan dan sosialisasi tentang kesehatan ini masyarakat desa setempat menjadi lebih meningkat kesejahteraanya serta sadar akan arti pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih,” katanya. Kegiatan tersebut juga termasuk rangkaian kegiatan TMMD dengan sasaran non fisik, disamping juga ada sasaran pokok / fisik, yakni pembangunan rabat beton jalan sepanjang 994,1 meter dan pembangunan talud sepanjang 87 meter di desa setempat. (Dye)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here